Analisis Kesalahan Kalimat dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Semeru 1 Bogor

Tustiyana Windiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kesalahan kalimat pada karangan narasi siswa kelasĀ  V dari aspek kesepadanan dan kesatuan, kesejajaran bentuk, penekanan dalam kalimat, kehematan, dan kecermatan dalam pilihan kata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitati. .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif dengan mencari dan menganalisis data yang berhubungan dengan kesalahan kalimat efektif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Semeru 1 Bogor. .Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 60 kesalahan dari 30 karangan narasi siswa. Kesalahan kalimat efektif pada karangan narasi siswa kelas V SDN Semeru 1 Bogor dari aspek kesepadanan dan kesatuan sebanyak 3 kalimat (5%), dari aspek kesejajaran bentuk sebanyak 2 kalimat (4%), dari aspek penekanan sebanyak 3 kalimat (5%) aspek kehematan sebanyak 22 kalimat (36%), dan dari aspek kecermatan sebanyak 30 kalimat (50%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesalahan kalimat efektif pada karangan narasi siswa kelas V SDN Semeru 1 Bogor paling banyak dilihat dari aspek kecermatan meliputi kekurangtepatan pilihan kata.

Kata Kunci: Kesalahan Kalimat, Narasi, Siswa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v7i2.883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.