ANALISA KEKASARAN HASIL PROSES KERJA MESIN SIMULATOR CNC ROUTER UNTUK MATERIAL ALUMUNIUM

Parta Parta

Abstract


Bentuk dan kekasaran permukaan dari sebuah produk yang dihasilkan oleh mesin perkakas seperti mesin bubut memegang peranan yang penting. Hal ini disebabkan oleh bentuk dan kekasaran permukaan produk tersebut berkaitan dengan gesekan, keausan, sistem pelumasan dan lain-lainnya. Proses permesinan akan menentukan kekasaran permukaan pada level tertentu dimana kekasaran permukaan tersebut dapat dijadikan acuan untuk evaluasi produk pemesinan. Kekasaran permukaan sebuah produk tidak harus memiliki nilai yang kecil.Dalam analisa kekasaran permukaan, tahapan yang dilakukan adalah pemilihan jenis material benda kerja dan jenis pahat potong yang sering digunakan pada bengkel-bengkel produksi di Indonesia. Material yang dipakai yaitu alumunium untuk proses selanjutnya adalah proses pembentukan ukiran sesuai dengan mesin CNC Router.Dari pengambilan data yang didapat bahwa Semakin tinggi kecepatan makan, maka tingkat / nilai kekasaran suatu permukaan benda yang didapat semakin tinggi begitu juga sebaliknya semakin rendah kecepatan makan, maka nilai kekasaran suatu permukaan benda yang didapat akan rendah.

 

Kata Kunci : Kekasaran Permukaan, CNC Router, Alumunium


Full Text:

PDF

References


Bodig, J. and Jayne, B.A. (1982) 'Mechanics of Wood and Wood Composites' Van Nostrand Reinholt Company, New York, U.S.A.

Emco, 1990. Petunjuk Pemrograman – Pelayanan Emco TU – 2A.Emco Maier Ges.m.b.H, Austria.

G. Niemann. 1999. Elemen Mesin jilid 1. Jakarta: Erlangga. Gadjahmada University Press. Yogyakarta.

Kuspriyanto dan Seputro, Hari. Mesin CNC. Fakultas Teknologi Industri, Intitut Teknologi Bandung.

Rochim, Taufik. 1993. Teori dan Teknologi Proses. ITB Bandung.

R.S. Khurmi and J.K. Gupta. (2005). A Textbook of Machine Design. Eurasia Publishing House (PVT.) LTD., New Delhi, India.

Sularso dan Kiyokatsu Suga (1997) Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta : PT. Pradnya Paramitha.

Syahrul, 2011, Motor Stepper: Teknologi, Metoda Dan Rangkaian Kontrol, Majalah Ilmiah UNIKOM, No.2, Vol. 6, Halaman 187- 202,http://jurnal.unikom. ac.id/.

Takeshi Sato dan N. Sugiarto Harianto (1999). Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.

Widarto. 2008. Teknik Pemesinan Jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Parta Parta

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License