ANALISA KEKUATAN TARIK HOOK SEBAGAI PERANCANGAN OVERHEAD CRANE DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR

Slamet Riyadi, Rio Darmawan

Abstract


Perkembangan teknologi banyak menciptakan alat yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia, serta dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi. Terutama untuk alat pengangkat salah satunya adalah OverHead Crane yang merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengangkat, menurunkan dan memindahkan barang yang dapat digerakkan secara vertikal maupun horizontal yang bisa dioperasikan dengan menggunakan tangan (manual) atau dengan Remote Control (Otomatis). Pengujian tarik merupakan salah satu pengujian material yang paling banyak dilakukan Karena pengujian ini terbilang yang paling mudah dan banyak data yang bisa diambil dari pengujian ini. Diantaranya adalah kekuatan tarik (Ultimate Tensile Strenght), kekuatan luluh (Yield Strenght or Yield Point), keuletan (Ductility), modulus elastis dari material, kelentingan dari suatu material dan ketangguhan (Hardness). Seiring dengan berkembangnya teknologi banyak juga muncul software yang bisa melakukan simulasi uji tarik, salah satunya adalah Autodesk Inventor. yang dirancang khusus untuk keperluan bidang Teknik seperti desain produk, desain mesin, desain mold dan simulasi Stress Analysis. Berdasarkan hasil pengujian kekuatan material FCD-50 untuk pembuatan hook pada alat uji tarik langsung diketahui tegangan maksimum yaitu pada spesimen 2 dengan beban tarik 78.75 kN, kuat tarik 643.1 N/mm2 dan6.555 Kgf/cm2. Sedangkan untuk mengetahui hasil dari uji tarik spesimen material FCD-50 sebagai langkah awal pendesainan hook crane yaitu dengan cara melakukan simulasi uji tarik menggunakan software Autodesk Inventor didapatkan tegangan maksimum dengan beban tarik 78.75 kN dengan kekuatan 943.249 N/mm2 dan 96165 Kgf/Cm2

 

Kata kunci : Overhead Crane, Uji Tarik, Hook, FCD-50, Autodesk Inventor, Stress Analysis


Full Text:

PDF

References


Von Mises dan Analisa Safety Factor Gantry Crane Kapasitas 3 Ton. Vol 8.

Anggi Kurniawan.2014. Analisa Kekuatan Struktur Crane Hook Dengan Perangkat Lunak Elemen Hingga Untuk Pembebanan 20 Ton.Bengkulu. Universitas Bengkulu.

Budhi Cahyono.2005. Perancangan Overhead Crane Kapasitas 10 Ton Dengan Metode VDI 2221.Jakarta. Universitas Mercu Buana.

Gunawan.2010. Analisis Simulasi Elemen Hingga Kekuatan Crane Hook Menggunakan Perangkat Lunak Berbasis Sumber Terbuka. Medan. Universitas Sumatra Utara.

Haris Budiman.2016.Analisis Pengujian Tarik (Tensile Test) Pada Baja ST37 Dengan Alat Bantu Ukur Load Cell. Jurnal J-Ensitec.Vol 03.

Syuriansyah Sabarudin dkk.2017.Peningkatan Kekuatan Tarik Material FCD-50 Dengan Proses Austemper,Cryogenic and Temper Ductile Iron (ACTDI).Vol 3.

G Niemann, 1992, Elemen Mesin, (Anton Budiman: terjemahan), Erlangga: Jakarta.

Mott, Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan Mekanis (Perancangan Elemen Mesin Terpadu) 2. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sato; G. Takeshi. 2000. Menggambar mesin menurut standar ISO, Cetakan ke -9. PT. Pradnya Paramita, Jakarta

Uthami,Z.A., 2010 , Solid Works Alat Bantu Merancang Komponen Mudah , modula, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Slamet Riyadi, Rio Darmawan

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License