PENGARUH PENGGUNAAN CDI STANDAR DAN CDI RACING TERHADAP DAYA DAN TORSI MOTOR BENSIN 110 CC DENGAN BAHAN BAKAR PERTALITE

Jamaludin Jamaludin, Yogi Nurrohman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tenaga, torsi, dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan motor bahan bakar 110 cc yang menggunakan pengapian standar CDI dan CDI balap dengan bahan bakar pertalite. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen yang dilakukan pada sepeda motor Honda Beat 110 cc. Data hasil penelitian dianalisis dengan mengamati langsung hasil percobaan kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk grafik dan tabel. Pada pengujian motor bakar digunakan dinamometer sasis untuk mengetahui tenaga dan torsi yang dihasilkan, sedangkan untuk mengukur laju konsumsi bahan bakar menggunakan metode graphimetric yaitu dengan menimbang konsumsi bahan bakar yang dikonsumsi selama selang waktu tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap performa mesin bakar, tenaga, torsi, dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan pada motor bakar dengan variasi pengapian standar CDI dan CDI racing yang menggunakan bahan bakar pertalite. Tenaga maksimum motor bahan bakar dihasilkan oleh pengapian CDI standar sebesar 5,6 hp pada putaran mesin 9000 rpm. Torsi maksimum bahan bakar motor dihasilkan oleh pengapian dari CDI balap sebesar 5,9 Nm pada putaran mesin 6000 rpm. Sedangkan konsumsi bahan bakar terendah pada penggunaan CDI balap adalah 0,281 kg / jam. Kesimpulan yang didapat untuk mendapatkan tenaga terbesar didapat pada penggunaan CDI standar, torsi terbesar didapat pada penggunaan CDI balap dan konsumsi bahan bakar terendah didapat dilakukan dengan menggunakan pengapian yang tepat dalam hal ini menggunakan pengapian balap CDI.


Keywords


CDI;power; torque and pertalite.

Full Text:

PDF

References


Basyirun, Winarno dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Daryanto. 2009. Teknik Otomotif. Jakarta: Bumi Aksara.

Jama, Jaluis dkk. 2008a. Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Jama, Jaluis dkk. 2008b. Teknik Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Keputusan Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi Nomor: 313.K/10/DJM.T/2013, tentang Standar dan Mutu Bahan Bakar Bensin 90 yang Dipasarkan.

Kristanto, Philip.2015. Motor Bakar Torak. Yogyakarta: Andi.

Nugraha, Beni Satya. 2005. Sistem Pengapian. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Pudjanarsa, Astu dan Djati Nursuhud. 2013. Mesin Konversi Energi. Yogyakarta: Andi.

Sukidjo, FX Performa Mesin Sepeda Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Premium dan Pertamax. Forum Teknik Volume 34 Nomor 01 Tahun 2011

Khurmi, RS dan Gupta J.K (2005), A Text Book Machine Design, Eurasia Publishing House (PVT) Ltd, New Delhi.

Raharjo, Winarno Dwi dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Semarang:Universitas Negeri Semarang Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jamaludin Jamaludin

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License