STUDI EKSPERIMEN KOMPOSISI GAS BUANG AKIBAT PERUBAHAN MAIN JET NOZZLE PADA SISTEM KARBURATOR MESIN DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM DAN PERTAMAX

Riki Candra Putra, Septian Wahyu Kurniawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan laju konsumsi bahan bakar spesifik sepeda motor setelah mengganti main jet R 105 cc ke motor Suzuki smash 110 cc yang menggunakan bahan bakar premium dan Pertamax serta untuk mengetahui perbandingan emisi gas buang khusus sepeda motor yang menggunakan bahan bakar premium dan bahan bakar minyak. Bahan bakar pertamax. Pemeriksaan emisi gas buang dan laju konsumsi bahan bakar dilakukan pada mesin yamaha vega R tahun 2004 dengan menggunakan Exhaust Gas Analyzer merk Stargas 898 dan digunakan alat ukur buret untuk pengujian konsumsi bahan bakar. Pengumpulan data dilakukan pada putaran 2000 rpm, 4000 rpm dan 5000 rpm. Hasil pengujian menunjukkan perbedaan tingkat emisi gas buang dan laju konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh dua main jet yaitu main jet yamaha vega R (90.0) dan main jet suzuki smash (92.5). Untuk tingkat emisi gas buang yang dihasilkan baik oleh main jet suzuki smash (92.5) maupun Yamaha Vega R (90.0) dengan bahan bakar premium memiliki nilai yang lebih tinggi (kurang baik) jika dibandingkan dengan kadar emisi gas buang Pertamax. Tingkat konsumsi bahan bakar dua jet utama yang menggunakan premium jauh lebih boros dibandingkan dengan yang menggunakan Pertamax.


Keywords


main jet;emissions;consumption rates;fuel.

Full Text:

PDF

References


Ellyanie. 2011. Pengaruh Penggunaan Three–Way Catalytic Converter Terhadap Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Toyota Kijang Innova. Prosiding Seminar Nasional Avoer, Hal 437-445 ISBN : 979-587-395-4

Fardiaz, Srikandi. 1992. Polusi Air & Udara. Yogyakarta: Kanisius.

Kabib, Masruki. 2009. Pengaruh pemakaian campuran premium dengan champor terhadap performasi dan emisi gas buang mesin Toyota kijang seri 4K. Jurnal Sain dan Teknologi. Vol. 2 No. 2. Hal : 1-17

Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi. Nomor : 3674K/24/DJM/2006, Tanggal 17 Maret 2006

Kristanto, Philip, Willyanto, dan Michael. 2001. Peningkatan Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah Dengan Penggunan Methyl Tertiary Buthyl Ether Pada Bensin. Jurnal Teknik Mesin. Vol. 3, No. 2. Hal 57-62.

Nawawi, Hadari, dan Mimi Martini. 1996. Penelitian terapan. Yogyakarta : Gajah Mada universy Press.

Permen Lingkungan Hidup Nomor 05. 2006. Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama.

Putra, Riza, Azis. 2015. Analisis komposisi Gas Buang Akibat Perubahan Main Jet Nozzle Pada Sistem Karburator Mesin. Jurnal Poros, Vol. 13, no.2, hal. 62-74.

Raharjo, Winarno Dwi dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Semarang:

Universitas Negeri Semarang Press

Supraptono. 2004. Bahan Bakar dan Pelumas. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Suyanto, Wardan. 1989. Teori Motor Bensin. Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sayoga, I Made Adi. 2012. Pengaruh Methanol Terhadap Torsi, Daya Epektif Konsumsi Bahan Bakar Spesifik Pada Mesin Daihatsu Feroza 1994. Dinamika Teknik Mesin. Vol. 2, No. 1, Hal. 1-6

Soenarta, Nakoela, dan Shochi Furuhama. 1995. Motor Serba Guna. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Riki Candra Putra

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License