PERENCANAAN INSTALASI SISTEMAIR CONDITIONERTIPE VRFPADA GEDUNG PERKANTORAN ENAM LANTAI UNTUK MENDUKUNG PROGRAM GREEN BUILDING

Riki Chandra Putra, Muhammad Abrar

Abstract


Kenyamanan dalam suatu ruangan diperkantoran atau rumah, merupakan kebutuhan, terutama di Indonesia yang memiliki iklim tropis (panas). Karena itu sistem pendingin udara atau sistem tata udara (sistem AC) telah menjadi kebutuhan di gedung-gedung perkantoran, oleh karena itu pengaturan atau perencanaan penempatan Air Conditioner (sering disebut sebagai AC) dalam sistem atau mekanisme bangunan atau gedung yang dirancang untuk kelembapan (dehumidify). Karena AC adalah barang mewah dan mahal maka konsep Green Building hadir dan menjadi suatu kebutuhan ditengah fenomena global warming dan isu kerusakan lingkungan yang sedang melanda bumi, untuk perencanaan instalasi AC di gedung perkantoran enam lantai di Jakarta menggunakan sistem VRF (Variable Refrigerant Flow) dengan teknologi yang sudah dilengkapi dengan CPU dan kompresor inverter dan sudah terbukti menjadi handal, efisiensi energi, berbeda dengan pendahulunya (Single Split, Split Duct, dll). Sistem VRF merupakan suatu teknologi pengaturan kapasitas AC yang memiliki kemampuan untuk mencegah pendinginan yang berlebih pada suatu ruangan, sehingga dapat menghemat listrik, juga memiliki tingkat kebisingan yang rendah dan hemat tempat karena dapat menggunakan satu kondensor untuk mensuplai beberapa evaporator, serta dapat mengatur jadwal dan temperatur AC yang diinginkan secara terkomputerisasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)
Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.