PROSES DESAIN PENGEMBANGAN DIGESTER BIOGAS UMT 2017 UNTUK PEMANFAATAN ENERGI TERBARUKAN DENGAN BAHAN BAKU KOTORAN TERNAK SAPI

Fanni Fattah, Angger Ali Kahfi

Abstract


Potensi kotoran ternak sapi di Desa Kedung Dalem sebagai energi alternatif, yaitu sebagai bahan pembuatan biogas pengganti minyak tanah/gas LPG sebenarnya cukup besar namun belum banyak dimanfaatkan, bahkan dapat menimbulkan masalah pencemaran dan kesehatan lingkungan, karena umumnya kotoran sapi dibuang begitu saja atau dibuang ditempat pembuangan akhir. Untuk memanfaatkan kotoran sapi menjadi energi alternatif penggati minyak tanah/gas LPG, perlu suatu alat untuk penghasil gas metan yang terkandung dalam kotoran sapi untuk dijadikan biogas.

Pembuatan Digester biogas UMT 2017 pada kotoran sapi, sangat membantu pengembangan sistem daur ulang kotoran sapi untuk diproduksi menjadi biogas, sebagai pengganti minyak tanah (BBM)/gas LPG yang pada akhir-akhir ini sudah sulit untuk dicari. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain alat digester biogas pada kotoran sapi menjadi biogas yang lebih fleksibel, lebih mudah cara pengoprasian dan biaya pembuatan yang lebih murah, serta bermanfaat bagi peternak sapi desa kedung dalem. Penelitian ini menghasilkan beberapa opsi desain alat digester biogas, sesuai dengan spesifikasi kebutuhan/target desain yang telah ditentukan. Dari opsi desain yang dibuat, maka dipilihlah desain yang paling baik yaitu desain 3, dari perbandingan antar desain dan target desain yang telah ditentukan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)
Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.