Konstruksi Realitas Media Online atas Pemberitaan Debat Kandidat pada Pemilihan Presiden 2019

Anwar Tri Wibowo

Abstract


Media online punya perspektif dan kepentingan yang berbeda dalam memberitakan sebuah peristiwa, termasuk pemberitaan debat kandidat presiden dan wakil presiden selama Pilpres 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana debat kandidat presiden dan wakil presiden 2019 dalam bingkai pemberitaan IDN Times.com dan Detik.com sepanjang periode 17 Januari sampai 13 April 2019. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi sebagai sumber data primer, yaitu sebanyak dua berita yang ditayangkan oleh IDN Timen.com serta dua berita yang ditayangkan Detik.com. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis framing model Robert N. Entman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembingkaian berita IDN Times.com berpotensi memihak Jokowi-Ma’ruf dengan menonjolkan optimisme terhadap Indonesia. Berbeda dengan IDN Times, Detik.com lebih tegas menunjukkan keberpihakannya kepada Jokowi-Ma’ruf dengan konten optimisme Indonesia di masa depan serta prestasi yang sudah ditoreh Jokowi selama menjadi Presiden, sementara konten terkait Prabowo Soebianto bernada sarkas dan pesimis.

Kata Kunci: framing, media online, debat kandidat, Pilpres 2019

 

ABSTRACT

Online media have different perspectives and interests in reporting on an event, including reporting on the debates of the presidential candidates during 2019 Presidential Election. This study aims to analyze how the debates of the presidential candidates in the frame of IDN Times.com and Detik.com reporting throughout period January 17 to April 13 2019. This study uses documentation data collection techniques as the primary data source: two news that aired IDN Times.com and two news that aired Detik.com. The analysis technique used in this study is Robert N. Entman’s framing analysis model. The results showed that the news framing IDN Times.com has potential to side with Jokowi-Ma’ruf by highlighting optimism towards Indonesia. Unlike the IDN Times, Detik.com is more assertive to show its support for Jokowi-Ma’ruf with Indonesia’s optimistic content in future and achievements Jokowi has made during his term as President, while content related to Prabowo Soebianto is sarcastic and pessimistic.

Keywords: Framing, online media, candidate debate, presidential election


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2019). Rational Political Behaviour on Young Generation Voter. International Journal Pedagogy of Social Studies, 4(1), 64–70.

Amindoni, A. (2019, March 26). Pemilu: Siapa Swing Voters Dan Undecided Voters Dalam Pilpres? Retrieved from https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-47678409

Andayani, D. (2019a, February 17). Prabowo: Saya Khawatir Unicorn Percepat Uang RI ke Luar Negeri, Silakan Ketawa. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4432255/prabowo-saya-khawatir-unicorn-percepat-uang-ri-ke-luar-negeri-silakan-ketawa

Andayani, D. (2019b, March 30). Prabowo Paparkan Pandangan Konflik Rohingya, Jokowi Bicara Langkah Pemerintah. Retrieved from https://news.detik.com/berita/4490608/prabowo-paparkan-pandangan-konflik-rohingya-jokowi-bicara-langkah-pemerintah

Anggoro, A. D. (2014). Media, Politik, dan Kekuasaan: Analisis Framing Model Robert N. Entman tentang Pemberitaan Hasil Pemilihan Presiden 9 Juli 2014 di TV One dan Metro TV. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2(2).

Azmi, K., Astuti, P., & Fitriyah. (2016). Perilaku Memilih Pemilih Pemula Masyarakat Kendal pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014. Journal of Politics and Government Studies, 5(3), 362–370.

Budiman, A. (2019). Debat Calon Presiden dan Peningkatan Partisipasi Pemilih pada Pemilu Presiden Tahun 2019. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 11(3), 25–30.

Carkoglu, A., Baruh, L., & Yildirim, K. (2014). Press-Party Parallelism and Polarization of News Media during an Election Campaign: The Case of the 2011 Turkish Elections. The International Journal of Press/Politics, 19(3), 295–317.

Cho, J., & Choy, S. P. (2011). From Podium to Living Room Elite Debates as an Emotional Catalyst for Citizen Communicative Engagements. Communication Research, 38(6), 778–804.

Coleman, S., & Moss, G. (2016). Rethinking Election Debates: What Citizens Are Entitled to Expect. International Journal of Press/Politics, 21(1), 3–24.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Gazali, E. (2004). Interaksi Politik dan Media: Dari Komunikasi Politik ke Politik Komunikasi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(1), 53–74.

Harianja, A. J. (2019, January 18). Banyak Diam dalam Debat Perdana, Ma’ruf Amin Tuai Komentar. Retrieved from https://www.idntimes.com/news/indonesia/axel-harianja/banyak-diam-dalam-debat-perdana-maruf-amin-tuai-komentar

Holbrook, T. M. (1999). Political Learning from Presidential Debates. Political Behavior, 21(1), 67–89.

IDN Research Institute. (2019). Indonesia Millennial Report 2019. Retrieved from https://cdn.idntimes.com/content-documents/indonesia-millennial-report-2019-by-idn-times.pdf

Limilia, P., & Ariadne, E. (2018). Pengetahuan dan Persepsi Politik pada Remaja. Jurnal Psikologi Sosial, 16(1), 45–55.

Masduki. (2004). Jurnalisme Politik: Keberpihakan Media dalam Pemilu 2004. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(1), 75–90.

Nashrudin, A. (2017). Konstruksi Realitas Radar Banten pada Pemberitaan Pilkada Banten 2017. Nyimak: Journal of Communication, 1(1), 49–77.

Perangin-angin, L. L. K., & Zainal, M. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Bingkai Jejaring Sosial di Media Sosial. Jurnal Aspikom, 3(4), 737–754.

Prasetya, A. (2019, January 2). KPU Jelaskan Alasan Penyampaian Visi-Misi Sebelum Debat Pilpres. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4367487/kpu-jelaskan-alasan-penyampaian-visi-misi-sebelum-debat-pilpres

Primagara, M., & Agustin, L. (2018). Pembingkaian Pemberitaan Kasus Dugaan Penistaan Pancasila Habib Rizieq Shihab pada Harian Kompas dan Republika. Nyimak: Journal of Communication, 2(1), 59–69.

Rizal, M. (2015). Analisis Framing Pemberitaan Politik Capres dan Cawapres di Media Sosial pada Akun Detik.com. EJournal Ilmu Komunikasi, 3(1), 172–185.

Rohim, M., & Wardana, A. (2019). Analisis Politik Milenial: Persepsi Siswa SMA Terhadap Dinamika Politik Pada PEMILU 2019 di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan: Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 4(1), 47–63.

Rusadi, U. (2002). Riset: Diskursus Kerusuhan Sosial Dalam Media Massa. Jakarta: Universitas Indonesia.

Satria, I. R. T. B. (2019, March 17). Pengamat UI: Debat Cawapres 2019 Skornya Imbang 1-1. Retrieved from https://www.idntimes.com/news/indonesia/isidorus-rio/pengamat-ui-debat-cawapres-2019-skornya-imbang-1

Shahreza, M. (2017). Komunikator Politik Berdasarkan Teori Generasi. Nyimak: Journal of Communication, 1(1), 33–48.

Shoemaker, P. J., & Reese, S. D. (1996). Mediating The Message, Theories of Influence on Mass Media Content. New York: Longman Publishers.

Simarmata, S. (2017). Paralelisme Politik Media dalam Pemberitaan Pemilu 2014 di Indonesia. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 14(2), 149–168.

Siregar, B. (2019). Framing Berita Capres-Cawapres pada Pilpres 2019 di Harian Umum Republika dan Koran Tempo. Komunikologi, 16(1), 7–17.

Sobur, A. (2002). Analisis Teks Media: Suara Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Surahman, S. (2017). Bingkai Media pada Program Acara Televisi Satu Indonesia Net.tv Episode Sultan HB X dan Asia Calling Tempo Tv Episode Penerus Tahta Raja Yogyakarta. Nyimak: Journal of Communication, 1(2), 171–187.

Takens, J., van Atteveldt, W., Hoof, A. van, & Kleinnijenhuis, J. (2013). Media Logic in Election Campaign Coverage. European Journal of Communication, 28(3), 277–293.

van Kempen, H. (2007). Media-Party Parallelism and Its Effects: A Cross-National Comparative Study. Political Communication, 24(3), 303–320.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v3i2.1780

Article Metrics

Abstract - 2231 PDF - 1819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Nyimak : Journal of Communication

Communication Science Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jl.Mayjen Sutoyo No.2 Kota Tangerang, West Java. Provinsi Banten 15111 Indonesia.

nyimak_journal@umt.ac.id

journalnyimak@gmail.com

Nyimak: Journal of Communication already indexed by:

google   One_search   dimention   Garuda base    crossref   Scilit1 index-copernicus 

Nyimak: Journal of Communication is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats