Multimodal Analysis of Photos in @Sandiuno Instagram Account Before and After the 2019 Presidential Election

Kiemas Dita Anugrah Susetya, Iis Kurnia Nurhayati

Abstract


Social media helps to perform communication in different ways, on of them as a political instrument to shape public’s opinion and also a media for parties  to interact. This research uses multimodal/social semiotics by Kress and Van Leeuwen for visual mode. The top three pictures before and after 2019 election with most likess on instagram account @sandiuno are used as research data. This research used metafunctions from visual mode which consist of representational, interpersonal, and textual. Caption holds an important role in a post, therefore it is analysed using identification analysis. Researcher also did communication style analysis from Tubbs & Moss to understand which style is used by Sandiaga Uno in social media. The result shows that Sandiaga Uno, through instagram account @sandiuno, has the same communication style before and after the 2019 election, which is the controlling style. He also has the democratic type of leadership.

Keywords: Social Media, Communication Style, Multimodal, Visual Metafunction

 

ABSTRAK

Media sosial sebagai salah satu wadah untuk melakukan komunikasi dengan cara yang berbeda, salah satunya sebagai instrumen politik, bisa untuk membentuk opini publik, maupun menjadi media interaksi dalam partai maupun antar politisi dan elemennya seperti instagram. Penelitian ini menggunakan analisis multimodal / semiotika sosial dari Kress dan Van Leeuwen untuk mode visual. Tiga foto sebelum dan sesudah Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 dengan likes terbanyak pada akun instagram @sandiuno yang menjadi data penelitian ini. Alat bedah yang digunakan yaitu metafungsi mode visual yang terdiri dari representational, interpersonal, dan textual. Caption foto menjadi pendukung yang penting dalam suatu unggahan sehingga caption foto di analisis menggunakan analisis identifikasi. Setelah itu peneliti melakukan analisis gaya komunikasi Tubbs & Moss untuk memahami gaya komunikasi apa yang digunakan oleh Sandiaga Uno di media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sandiaga Uno melalui akun instagram @sandiuno ditemukan bahwa ia memiliki gaya komunikasi yang sama ketika sebelum dan sesudah Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 yaitu menggunakan gaya komunikasi The Controlling Style. Lalu, jika dilihat dari tipe kepemimpinan yang sesuai dengan dirinya adalah tipe kepemimpinan yang Demokratis.

Kata Kunci: Media Sosial, Gaya Komunikasi, Multimodal, Metafungsi Visual


Full Text:

PDF

References


Alo, L. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana Prenada Media Group.

Anisa, R., & Rachmaniar. (2018). Gaya Komunikasi Calon Kepala Daerah Menjelang Pilkada Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 2(2), 49–56. https://doi.org/DOI: https:/doi.org/10.24198/jsg.v2i2.16167

Febriani, N. S. (2020). Preferensi Media Sosial Generasi Milenial pada Tingkat Pengetahuan Calon Legislatif. Nyimak: Journal of Communication, 4(1), 89–107. https://doi.org/10.31000/nyimak.v4i1.2225

Gelora News. (2019). Atasi Pengangguran, OK OCE dan Rumah Siap Kerja Menjadi 2 Pilar Utama Sandiaga Uno. https://www.gelora.co/2019/04/atasi-pengangguran-ok-oce-dan-rumah.html

Handini, V. A., Choiriyati, W., & Ali, P. M. (2019). Model Compliance Gaining Dalam Komunikasi Pilpres 2019 Bagi Milenial Di Media Sosial. Conference On Communication and News Media Studies, 1, 103. https://proceeding.umn.ac.id/index.php/COMNEWS/article/view/1084

Herdiawanto, H., Fuad, F., & Jumanta Hamdayama. (2018). Spiritualisme Pancasila. Prenadamedia Group.

Hermawan, B. (2013) ‘Multimodality: Menafsir Verbal, Membaca Gambar,Dan Memahami Teks’, ejournal.upi.edu, 13, pp. 1–13. DOI: 10.17509/bs_jpbsp.v13i1.756

Husnan, L. H. (2018) Identitas Peci Hitam. Available at: https://www.stiqlathifiyyah.ac.id/artikel/identitas-peci-hitam (Accessed: 1 February 2020).

Kertamukti, R. (2013). Komunikasi Simbol/ : Peci dan Pancasila. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 6(1), 53–66. https://www.researchgate.net/publication/320407363_KOMUNIKASI_SIMBOL_PECI_DAN_PANCASILA

Kohn, A. (2018) ‘Iconic situations: multimodality, witnessing and collective memory’, Visual Communication, (June). doi: 10.1177/1470357218779117.

Kress, G. & Van Leeuwen, T. (2006). Reading Images: The Grammar Of Visual Design (Second Edi). Routledge.

Kusmayadi, D. M. (2015) ‘Kajian Visual Street Art Di Ruang Publik Kota Yogyakarta. Jurnal ISBI, 3(3), 270-280’, Jurnal ISBI, 3(3), pp. 270–280.

Malik, F. M. (2018) Representasi Poster Global Warming di Media Sosial Instagram: Analisis Multimodality. Universitas Komputer Indonesia.

Marefat, F. and Marzban, S. (2014) ‘Multimodal Analysis of Gender Representation in ELT Textbooks: Reader’s Perceptions’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 98, pp. 1093–1099. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.03.521.

Mulyana, D. (2016). Ilmu Komunikasi/ : Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyani, R. R. (2018) Analisis Multimodal Iklan Brosur Klinik Kecantikan di Kota Bandung. Universitas Telkom.

Nadia, J. (2019) Atasi Pengangguran, OK OCE dan Rumah Siap Kerja Menjadi 2 Pilar Utama Sandiaga Uno. Available at: http://www.teropongsenayan.com/99135-atasi-pengangguran-ok-oce-dan-rumah-siap-kerja-menjadi-2-pilar-utama-sandiaga-uno (Accessed: 26 January 2020).

Najiyah, S. F. (2019). Sejarah Penutup Kepala di Indonesia/ : Studi Kasus Pergeseran Makna Tanda Peci Hitam (1908-1949). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial (Prosedur, Tren, dan Etika). Simbiosa Rekatama Media.

Pratnyawan, A. (2019) Pengguna Instagram dan Facebook Indonesia Terbesar ke-4 di Dunia. Available at: https://www.suara.com/tekno/2019/06/19/133252/pengguna-instagram-dan-facebook-indonesia-terbesar-ke-4-di-dunia.

Pratomo, Y. (2019) APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. Available at: https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa.

Ravyansah. (2019). Peran Media Sosial Iklan Pemilu 2019 terhadap ketertarikan dalam memilih dan tidak Golput bagi Generasi Millenial di SMKS Al-Washliyah.Universitas Negeri Jakarta. Avaiable at: https://www.researchgate.net/publication/334537953_Peran_Media_Sosial_Iklan_Pemilu_2019_terhadap_ketertarikan_dalam_memilih_dan_tidak_Golput_bagi_Generasi_Millenial_di_SMKS_Al-Washliyah.

Suci, P. (2018). Penanganan Ujaran Kebencian terhadap Presiden Jokowi di Media Sosial oleh Tim Komunikasi Presiden dan Kantor Staf Presiden Republik Indonesia. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v4i2.2341

Article Metrics

Abstract - 1385 PDF - 1042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Nyimak : Journal of Communication

Communication Science Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jl.Mayjen Sutoyo No.2 Kota Tangerang, West Java. Provinsi Banten 15111 Indonesia.

nyimak_journal@umt.ac.id

journalnyimak@gmail.com

Nyimak: Journal of Communication already indexed by:

google   One_search   dimention   Garuda base    crossref   Scilit1 index-copernicus 

Nyimak: Journal of Communication is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats