Komunikator Politik Berdasarkan Teori Generasi

Mirza Shahreza

Abstract


Pada saat kepentingan umum terganggu oleh sebuah kebijakan atau peraturan yang dibuat oleh sebuah kekuasaan, maka akan terlihat suatu reaksi mulai dari elite pollitik, kalangan terpelajar, dan juga masyarakat biasa. Ternyata, kita semua bisa berperan sebagai komunikator politik pada saat bereaksi terhadap berita mengenai politik yang muncul di berbagai media massa. Tulisan ini akan melihat pemetaan terhadap komunikator politik berdasarkan teori generasi. Dalam suatu era pasti akan ada beberapa lapisan masyarakat yang dibedakan berdasarkan era atau zaman saat mereka dilahirkan. Trend media dan teknologi yang terus berubah sangat mempengaruhi setiap generasi dalam membangun pola pikir dan tingkah laku politiknya. Begitu pula gaya kepemimpinan dan cara pandang penguasa juga mewarnai setiap generasi. Berdasarkan teori Generasi, ada istilah traditionalist, baby boomers, generasi X, Y, Z dan alpha. Segala sesuatu terutama yang berhubungan dengan prilaku, gaya hidup, profesi, budaya yang sering dikaitkan dengan ciri-ciri dari generasi-generasi tersebut. Teori yang dikemukakkan oleh Strauss dan Howe merupakan asumsi yang sangat subjektif. Berdasarkan teori tersebut penulis akan mengadopsi teori Generasi dalam memahami komunikator politik di Indonesia. Tulisan ini adalah sebuah studi literatur yang diperoleh dari berbagai bacaan ilmiah yang diolah dan disusun oleh penulis. Memahami teori generasi dapat membantu untuk mengetahui ciri khas dan cara komunikator politik berkomunikasi, mengkonstruksi pesan lintas generasi yang pada umumnya akan terbelah generasi senior (tua) dan generasi junior (muda).

Kata Kunci: komunikator, politik, teori generasi, media, teknologi.

 

At a time when the public interest is disrupted by a policy or regulation made by a power. Then, there will be a reaction from the political elite, educated, and ordinary people. Apparently, we can all play a role as a political communicator when reacting to news about politics that appear in various mass media. This paper will look at the mapping of political communicators based on generation theory. In an era, there will certainly be several layers of society that are distinguished by the age or the age at which they were born. The ever-changing media and technological trends greatly affect each generation in building their mindset and political behavior. Similarly, leadership styles and rulers’ perspective also color every generation. Based on Generation theory, there is the term traditionalist, baby boomers, generation X, Y, Z, and alpha. Everything is primarily related to the behavior, lifestyle, profession, culture that is often associated with the characteristics of those generations. The theory put forward by Strauss and Howe is a very subjective assumption. Based on the theory, the writer will adapt Generasi theory in understanding the political communicator in Indonesia. This paper is a study of literature derived from various scientific readings processed and composed by the author. Understanding the theory of generations can help to identify the characteristics and ways communicators communicate, constructing messages across generations that will generally split the senior (youth) and junior (youth) generation.

Keywords: communicator, politics, generation theory, media, technology.


Full Text:

PDF

References


Lasswell, Harold D. dan Abraham Kaplan. 2013. Power and Society: A Framework for Political Inquiry. Transaction Publishers.

Lippmann, Walter. 1998. Opini Umum. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

McNair, Brian. 2003. An Introduction to Political Communication (Communication and Society). Routledge.

Mulyana, Deddy. 2013. Komunikasi Politik, Politik Komunikasi: Membedah Visi Dan Gaya Komunikasi Praktisi Politik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, Zulkarimien. 1990. Komunikasi Politik: Suatu Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nimmo, Dan. 2001. Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_______________. 2006. Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan dan Media. Terjemahan oleh Jalaluddin Rakhmat. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pasiak, Taufiq. 2004. Revolusi IQ/EQ/SQ: Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Quran dan Teori Neurosains Mutakhir. Bandung: PT. Mizan Publika.

Shahreza, Mirza dan Korry El-Yana. 2016. Etika Komunikasi Politik. Tangerang: Indigomedia.

Soemarno. 1989. Dimensi-Dimensi Komunikasi Politik. Bandung: Citra Aditya Bakti.

_______________. 2009. Materi Pokok Komunikasi Politik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Strauss, William dan Neil Howe. 1991. Generations: The History of America’s Future, 1584 to 2069. William Morrow & Co.

_______________. 1993. 13th Gen: Abort, Retry, Ignore, Fail? Vintage.

_______________. 2000. Millennials Rising: The Next Great Generation. Vintage.

Surbakti, Ramlan. 1992. Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Grasindo.

Sumber Internet

www.dictionary.com

http://kependudukan.jogjaprov.go.id/

http://kpk.go.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v1i1.273

Article Metrics

Abstract - 10983 PDF - 10512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Nyimak : Journal of Communication

Communication Science Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jl.Mayjen Sutoyo No.2 Kota Tangerang, West Java. Provinsi Banten 15111 Indonesia.

nyimak_journal@umt.ac.id

journalnyimak@gmail.com

Nyimak: Journal of Communication already indexed by:

google   One_search   dimention   Garuda base    crossref   Scilit1 index-copernicus 

Nyimak: Journal of Communication is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats