PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN ASIMETRI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DALAM PENDEKATAN RELEVANSI NILAI

Amalia Indah Fitriana, Hendra Galuh Febrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh secara signifikan pengaruh ukuran perusahaan dan asimetri informasi terhadap kualitas laporan keuangan dalam pendekatan relevansi nilai pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015 – 2017. Penelitian ini data yang dipakai merupakan data sekunder, yakni laporan keuangan 120 perusahaan yang terdaftar di BEI pada tahun 2015 – 2017. Untuk membuktikan hipotesis, dilakukan pengujian regresi berganda yang diawali uji asumsi klasik. Model regresi dinyatakan lolos uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 – 2017 bahwa : 1) Berdasarkan uji t secara parsial menunjukkan bahwa masing – masing variabel Ukuran Perusahaan (X1) dan Asimetri Informasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan (YKLK). 2) Berdasarkan uji F secara simultan menunjukkan bahwa bersama–sama variabel Ukuran Perusahaan (X1) dan Asimetri Informasi (X2), berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan (YKLK).

Kata kunci : Kualitas Laporan Keuangan, Ukuran Perusahaan, dan Asimetri Informasi


Full Text:

PDF

References


Arfan. 2010. Pengaruh Firm Size, Winner/Loser Stock, Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Perataan Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Telaah & Riset Akuntansi. Vol. 3. No. 1 Hal. 52-65. Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala.

Fanani, Z., 2009, Kualitas Pelaporan Keuangan: Berbagai Faktor Penentu Dan Konsekuensi Ekonomis, Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 6, p: 20-45.10.

Ghozali, Imam.2011.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit UNDIP.

Halim, dkk. 2005. Pengaruh Manajemen Laba pada Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Termasuk dalam Indeks LQ-45. Simposium Nasional Akuntansi VII. Bali.

Ifonie, Regina Reizky. 2012. Pengaruh Asimetri Informasi Dan Manajemen Laba Terhadap Cost Of Equity Capital Padaperusahaan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi – Vol 1, No. 1.

Indriani, R., dan W. Khoiriyah. 2010. Pengaruh kualitas Pelaporan Keuangan Terhadap Asimetri Informasi. Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.

Kusuma. 2014. Pengaruh Kualitas Pelaporan Keuangan, Kepemilikan Institusional Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Asimetri Informasi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2008-2012. Jurnal Akuntansi. Universitas Riau. Pekanbaru.

Kusumawati,dkk. 2013. Pengaruh Asimetri Informasi Dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Praktik Earnings Management. Proceeding Seminar National dan Call For Papers Sancall 2013. Surakarta.

Maharani, L. G., & Budiasih, I. (2016). Pengaruh Ukuran, Umur Perusahaan, Struktur Kepemilikan, Dan Profitabilitas Pada Pengungkapan Wajib Laporan Tahunan. EJurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 14, 34-52. Bali

Prayoga, E. B., & Almilia, L. S. (2013). Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Manajemen Risiko. Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 4, No. 1, 1-19.

Pramesty, Tyas dan Restu Agusti. 2009. Pengaruh Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Ekonomi Vol 17, No 01. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau. Pekanbaru.

Putra, dkk. 2014. Pengaruh Asimetri Informasi Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktek Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). e-journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi S1. Volume: 2 No: 1 Tahun 2014.

Rahmawati, dkk. 2006. Pengaruh Asimetri Informasi Terhadap Praktik Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan Publik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang. Rahmawati. 2005.“Relevansi Nilai Informasi Akuntansi dengan Pendekatan Terintegrasi: Hubungan Nonlinier”. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo.

Santoso. 2012. Pengaruh Kualitas Laporan Keuangan terhadap Asimetri Informasi dengan Ukuran Perusahaan sebagai Pemoderasi pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Vol 1 No.4, Juli. Surabaya.

Scott, William R. 2000. Financial Accounting Theory. USA : Prentice-Hall

Setyaningrum dan Aprilia Yunita. 2011. Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Food and Beverage yang Go Public di BEI. The Indonesia Accounting Review Vol 1 No.2, Juli 2011. Jawa Timur.

Subekti, Imam. 2005. Asosiasi Antara Praktik Perataan Laba Dan Reaksi Pasar Modal Di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Ujiyantho, Moh. Arief dan Bambang Agus P. 2007. Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan. Simposium Nasional Akuntansi X. Makassar.

Veronica, Sylvia, dan Y.S. Bachtiar, 2004. Good Corporate Governance, Information Asymmetry, and Earnings Management. Simposium Nasional Akuntansi VII. Bali.

Watts, R. and J. Zimmerman. 1986. Positive Accounting Theory. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall.

Zaenal, F., Ningsih, S., & Hamidah. (2009). Faktor-Faktor Penentu Kualitas Pelaporan Keuangan Dan Kepercayaan Investor. Jurnal Akuntansi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.