UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV SDN KALISARI 03 JAKARTA TIMUR

Eva Oktaviana, Chrisnaji Banindra Yudha, Maria Ulfa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kemampuan literasi menulis puisi siswa dengan menggunakan metode Picture and Picture di kelas IV SDN Kalisari 03 Jakarta Timur, (2) Untuk menerapkan metode Picture and Picture pembelajaran bahasa Indonesia pada materi puisi, dan (3) Untuk mempermudah siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan metode Picture and Picture. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan Metode Picture and Picture dengan model Kemmis Taggart yang dilakukan II siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap plenning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: (1) observasi, (2) wawancara, (3) Tes, peneliti menggunakan jenis pre tes (tes awal) dan post Tes (tes akhir) dalam pelaksanaan siklus penelitian disertai lembar observasi guru dan siswa, dan (4) dokumentasi, Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode picture and picture siswa pada siklus I nilia 68 ke atas ada 14 atau 53,84% siswa yang tuntas, sementara untuk aktivitas guru dan siswa diperoleh 70. Meningkat pada siklus II siswa yang memperoleh nilai diatas 68 ada 24 orang 92,30% siswa yang tuntas, serta aktivitas guru dan siswa mencapai nilai 92% pada siklus II. Implikasi dari penelitian mengidentifikasikan bahwa penggunaan metode picture and picture, membuat siswa aktif dan tertarik dalam belajar sehingga kemampuan menulis puisi siswa meningkat.
Kata Kunci: Metode Picture and Picture, Kemampuan Menulis Puisi, Penelitian Tindakan Kelas


Full Text:

PDF

References


Abbas Shaleh, 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan Akinoglu,O.,& Ozkardes,R.(2007).The effects of problem-based active learning in science education on students’ academic achievement, attitude and concept learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education,3(1), 71-81 Aris Shoimin, 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013, Yogyakarta: arruzz media. Burhan Nurgiyantoro, 2008. Sastra Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Chrisnaji, Banindra Yudha dan Suwarjo. (2014). Peningkatan Kepercayaan Diri Dan Proses Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 - Nomor 1,2014 Eva Oktaviana. (2017), Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas III di SDN Gedong 03 Pagi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 09, No 01 Juli – Desember 2017 I Ketut Dibia, 2018. Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Depok: PT Raja Grafindo Persada. Imas Kurniasih dan Berlin seni, 2016. Ragam Pengembangan Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena. Iva Sarivah. (2011). Pendidikan Membangun Anak Usia Dini Secara Holistik: Jurnal Pendidikan Dasar, UNJ.Volume 3/4, No 3 / 4 Juni-Desember 2011 Jumanta Hamdayana, 2014. Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia. Maria Ulfa .2018. Cacat Bunyi Kelas Kata Nomina Pada Penderita Disartria : Studi Kasus Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Unit Terapi Wicara Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Ditkesad: Jurnal Pendidikan Dasar : UNJ. Volume 9, Nomor 1 , 2018 Puji Santosa,dkk, 2004. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT

S.C Utami Munandar, 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Saur Tampubolon, 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Zainal Arifin, 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.