PEMBELAJARAN MENULIS NOVEL DENGAN METODE INQUIRIDISCOVERY LEARNING PADA MAHASISWA SEMESTER IV PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKAN TAHUN AJARAN 2018-2019

Ismalinar Ismalinar, Asfitri Hayati

Abstract


Tujuan penelitian untuk menjelaskan hasil pembelajaran menulis novel dengan menggunakan metode equiry discovery learning pada mahasiswa semester IV Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMT. Pendekatan yang digunakan kualitatif dengan metode analisis isi. Data primer dari penelitian adalah cerita fakta dan novel berdasarkan fakta karya mahasiswa semester IV Prodi Pendidikan FKIP UMT yang berkaitan dengan tema, tokoh dan penokohan, alur, serta latar. Yang menjadi instrument adalah peneliti. Hasil penelitian terhadap Pembelajaran Menulis Novel Berdasarkan Cerita Fakta dengan Menggunakan Metode Equiry learning pada mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Matematika Tahun Ajaran 2018-2019 adalah sebagai berikut: 1) Setiap mahasiswa yang mengikuti pembelajaran di kelas A1 dan A2 sebanyak 42 mahasiswa mampu menulis novel dan cerita fakta secara berkolaborasi/tim, 2) Jumlah novel yang dihasilkan dari dua kelas A1 dan A2 sebanyak delapan novel, 3) Dua kelompok mahasiswa membuat cerita fakta yang mengandung tema, alur, tokoh dan penokohan, alur, 4) Enam kelompok mahasiswa menulis novel enam (6) novel berdasarkan cerita fakta, 5) Antara tema cerita fakta dengan tema novel sama, tetapi tokoh dan penokohan, alur, dan latarnya berbeda. Berdasarkan hasil penelitian di atas, terbukti bahwa pembelajaran menulis novel dengan menggunakan pendekatan Metode equiry discovery learning terbukti dapat diterapkan dan memberikan hasil yang bagus. Keyword: novel, pembelajaran, inquiry-discovery learning


Full Text:

PDF

References


Bahtiar, Ahmad & Aswinarko. (2013). Metode Penelitian Sastra. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.

Bachtiar, S. (2010). “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif”. Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 10 No. 1, April 2010 (46-62).

http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-datamelalui-triangulasi-pada penelitian-kualitatif.pdf (Selasa, 30-07-2019, 12.00 WIB)

Djamarah, S.B., & Zain, A. (2013). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Herman, J.W. (2017). Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Kosasih. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: PT Perca.

Nurgiyantoro, B. (2014). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Padi, Editorial. (2013). Kumpulan Super Lengkap Sastra Indonesia. Jakarta: CV Ilmu Padi Infra Pustaka Makmur.

Priyatni, I.T. (2010). Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu. Rahmayanti, V. (2016). “Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok” Program Studi Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 ISSN: 2527-967X.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Stanton, R. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.