ANALISA PEMANFAATAN TURBIN VENTILATOR SEBAGAI SUMBER LISTRIK SKALA RUMAH TANGGA

Jamaludin Jamaludin

Abstract


Pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia saat ini sedang dikembangkan untuk menggantikan energi konvensional hal ini dikarenakan menipisnya cadangan energi fosil di Indonesia. Melalui Peraturan Presiden Nomor 05 tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN) telah menetapkan target pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT) sebesar 25% pada tahun 2025.
Energi angin adalah salah satu bentuk energi alternatif yang dapat dimanfaatkan sebagai energi mekanik oleh turbin angin untuk diubah menjadi energi listrik oleh generator. Turbin ventilator mampu berputar selama 24 jam berfungsi seabagai kipas hisap, biasanya digunakan diatap pabrik, gudang, gedung olahraga dan sebagainya. Penelitian ini mencoba memanfaatkan turbin ventilator sebagai sumber listrik skala rumah tangga dengan kapasitas 900 Watt.
Dari hasil penelitian ini turbin ventilator dapat digunakan sebagai sumber listrik dengan daya 5,57 Watt. Untuk memenuhi kebutuhan listrik skala rumah tangga dengan kapasitas 900 Watt generator yang dibutuhkan mempunyai output arus 36A tegangan 12V untuk mensuplai baterai 12V 60Ah selama 2 jam dengan lama pemakaian 38,4 menit.
Kata Kunci : Turbin Angin, Turbin Ventilator, Generator, Aki.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Sayogo, Novi Caroko, 2016, Perancangan dan Pembuatan Kincir Angin Tipe Horozontal Axis Wind Turbine (HAWT) Untuk Daerah Pantai Selatan Jawa, Skripsi, Prodi Teknik Mesin, UMY, Yogyakarta.

Ansel C. Ugural. 2003. Mechanical Design: An Integrated Approach. McGraw-Hill Inc, New York.

Azwarsyah dan Asran. Prototipe Turbin Skala Kecil Tipe Vertikal Axis untuk Baterry Charging di Daerah Remite Area. Electrician Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro. Vol. 3 No.2 Mei 2009 : 119124

Edy Sucipto, 2009, Analisa Daya Generator Pada Pembangkit Iistrik Tenaga Angin, Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana, Jakarta..

Fatah, M. 2011. Studi Experimental dan Numerik Pengaruh Rasio Panjang dan Diameter Turbine Ventilator Terhadap Unjuk Kerja Turbine Ventilator, Tesis. Surabaya (ID) : Institut Teknologi Sepuluh November.

Hansen, L.H., Hele, L., Blaabjerg, F., Ritchie, E., Munk-Nielsen, S., Binder, H., Sorensen, P., and BakJesen, B. 2001. Conceptual Survey of Generator and Power Electric for Wind Tuurbine, Riso National Laboratory, Denmark.

Kadir, A. 1995. Energi : Sumberdaya, Inovasi, Tenaga Listrik dan Potensi, Edisi Ke-2. Universitas Indonesia (UI Press) : Jakarta.

Khurmi, R. S., Gupta, J. K. 2005. Machine Design. Eurasia Publising House, New Delhi.

Martono, T. 2010 Perancangan Kincir Angin Axis Vertikal Type Baru untuk Generator Listrik Teanga Angin. DI dalam : Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia “Kejuangan”. Pengembangan Teknologi

Kimia untuk pengelolan Sumber Daya Alam Indonesia; 2010 Jan 26: Yogyakarta, Indonesia. Yogyakarta (ID).

Muhammad Jumhadi, 2016, Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin Untuk Penerangan Sebagai Penyedia Listrik Alternatif, Prosiding SNRT, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Bangka Belitung.

Saito, S., & Surdia, T. 2005 Pengetahuan Bahan Teknik. Pradnya Paramita, Jakarta.

Shigley, J.E. 2004 Standard Handbook Of Machine Design, California.

Sularso & Kiyokatsu Suga. 1985. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Pradnya Paramita, Jakarta.

Tipler, P. A. 2001. FISIKA untuk Sains dan Teknik. Bambang Soegijono, penerjemah; Wibi Hardani, editor. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga. Terjemahan dari: PHYSICS for Scientists and Enginers, Ed ke-3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.