PEMBELAJARAN SASTRA DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR BERBASIS BUDAYA NILAI

Agus Priyanto, Mimin Sahmini

Abstract


Suatu proses belajar untuk mengetahui, memahami, dan mengimplementasikan merupakan serangkaian proses dalam sebuah pembelajaran. Dalam tahapan ini memerlukan motivasi dan daya kuat untuk ingin mencari tahu dan menjadi tahu, sehingga pembelajaran merupakan proses yang menyenangkan. Ketercapaian hasil pembelajaran bergantung erat dengan pendekatan yang digunakan oleh seorang pengajar. Bagaimana kita bisa membuat pembelajar senang jika kita tidak bisa mengikat makna dan menyentuh hati seorang pembelajar. Untuk itu pendekatan behavior sangat cocok digunakan dalam pembelajaran sastra. Di mana salah satu tujuan belajar sastra adalah untuk mengubah perilaku pembelajar ke arah yang lebih baik dengan menekankan pada rasa peka, empati, cinta, menghargai dan mebiasakan perilaku budaya nilai terhadap sesama. Hal ini diperoleh dari membaca karya sastra yang sarat dengan nilai-nilai kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pembelajaran sastra dengan pendekatan behavior berbasis budaya nilai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Di mana peneliti melakukan analisis dari pelbagai kajian pustaka dan merancang sebuah pembelajaran sastra dengan pendekatan behavior berbasis budaya nilai sehingga ancangan model itu dapat dideskripsikan sejelas mungkin setiap tahapannya. Hasil dari angket yang disebarkan oleh peneliti dapat disimpulkan pembelajaran dapat berjalan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, di mana salah satu tujuannya adalah dapat mengubah perilaku siswa dan memotivasi siswa dalam pembelajaran sastra.Terpenting adalah dalam pembelajaran terbiasa menilai positif perilaku temannya dan ini yang menjadi fokus dalam penelitian ini.
Kata kunci: pembelajaran sastra, pendekatan behavior, berbasis budaya nilai


Full Text:

PDF

References


Kerlinger,F.N. (2006). Asas-asas penelitian behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurharfanah. (2018). Perspektif teori behavioristik dalam belajar dan pembelajaran. Researchgate. Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/328980986

Slavin, R.E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sudiapermana,E. (2012). Pendidikan Keluarga ( Sumberdaya Pendidikan Sepanjang Hayat). Bandung: Edukasia pers

Waruwu, E Fidelis. (2010). Membangun Budaya Nilai. Jakarta: Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2141

Article Metrics

Abstract - 463 PDF - 1165

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2141.g1321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats