REPRESENTASI CERITA RAKYAT PEMALANG TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

Mulasih Mulasih, Yukhsan Wakhyudi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Pertama, mengidentifikasi cerita rakyat yang ada di Kabupaten Pemalang. Kedua, menganalisis pembentukan karakter dari cerita rakyat Kabupaten Pemalang pada anak. Lokasi dan tempat yang menjadi fokus penelitian ini di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Beberapa alasan yang menjadi pertimbangan karena pentingnya pembentukan karakter berbasis kearifan lokal dalam cerita rakyat. Cerita rakyat yang berkembang di kecamatan Belik Kabupaten Pemalang adalah Asal Usul Nama Gombong, Gunung Tiga, Kali Sirah, Misteri Gunung Mendelem, Mahkota Raden Ali Basah, Desa Badak, yang berhasil diidentifikasi dari narasumber. Cerita rakyat yang teridentifikasi dapat dipastikan mengandung nilai pendidikan karakter sebagai ajaran hidup hidup untuk pembentukan karakter lingkungan dan masyarakat sekitar.
Kata kunci : kearifan lokal, cerita rakyat, karakter anak .


Full Text:

PDF

References


Danandjaja, James. (2007). Foklor Indonesia; Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-Lain. Jakarta: Grafiti. Endraswara, Suwardi. (2009). Metodologi Penelitian Folklor; Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: MedPess. Hutomo, Suripan Sadi. (1991). Mutiara Yang Terlupakan: Pengantar Studi Sastra Lisan. Surabaya: HISKI. Moleong, Lexy J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Ridwan, M. (2018). Literature Syi’ir Madura As A Legenskap Of Strengthening Characters In Elementary School. ISCE: Journal of Innovative Studies on Character and Education, 2(2), 332-339. Sudikan, Setya Yuwana. 2001. Metode Penelitian Sastra Lisan. Surabaya: Citra Wacana Suyadi. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.