Determinasi Kinerja Karyawan PT. Tempindo Jasatama Jakarta

M Imam Muttaqijn, Shanti Meilinda Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinasi kinerja karyawan PT. Tempindo Jasatama. Yang menjadi determinasi kinerja karyawan adalah komunikasi organisasi dan budaya organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 63 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan kuesioner. Untuk mengetahui pengaruh komunikasi organissi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT. Tempindo Jasatam dengan menggunakan analisis regresi, dengan menggunakan alat software SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan  bahwa secara parsial: (1) variabel komunikasi organisasi (X1) berpengaruh secara positif terhadap kinerja karyawan (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung> ttabel yakni 5,432 > 1,999; (2) Budaya organisasi (X2) berpengaruh secara positif terhadap kinerja karyawan (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung> ttabel yakni 9,267 > 1,999, Dan secara simultan variabel komunikasi organisasi (X1), budaya organisasi (X2) berpengaruh secara positif terhadap kinerja karyawan (Y) yakni Fhitung > Ftabel sebesar 44,291> 3,15. Dengan nilai persamaan regresi berganda Y = 6.854 + 0,156 X1 + 0,683 X2 +  e dengan koefisien determinasi sebesar 40,4%. Ini berarti bahwa komunikasi organisasi dan budaya organisasi memberikan kontribusi terhadap kinerja karyawan sebesar 40,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Komunikasi organisasi, Budaya organisasi, Kinerja karyawan.


Full Text:

PDF

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara (2011), Manajemen Sumber Daya Manusia, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Angelo Kinicki, Mel Fugate (2018) Organizational Behaviour, A Practical Problem Solving Approuch, Second Edition, Mc. Graw Hill Education New York.

Ivancevich John M., Robert Konopaske, Michael T. Matteson (2007), Perilaku dan Manajemen Organisasi, edisi ketujuh, terjemahan, Erlangga, Jakarta.

Jujung Dwi Marta, Dewie Triwijayanti (2016), Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. X Jurnal BISMA – Bisnis dan Manajemen –Volume 8 No. 2 Februari 2016, Surabaya.

Kreitner Robert, Angelo Kinicki (2014), Perilaku Organisasi, edisi Sembilan, terjemahan, Salemba Empat Jakarta.

Mondy R. Wayne, (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi kesepuluh, terjemahan. Erlangga, Jakarta.

Wibowo (2016), Budaya Organisasi, Edisi kedua, Rajawali Pers, Jakarta.

Veithzal Rivai, Ella Jauvani Sagala (2010), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, cetakan ketiga PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.