ANALISIS OPTIMALISASI PRODUKI BIOGAS DARI KOTORAN SAPI DAN JERAMI DENGAN MENGGUNAKAN ENERGI TERMAL

wahyu hidayat, Wirawan Piseno, damawidjaya biksono, Asifa Asri, Yusman Putra

Abstract


         Energi terbarukan merupakan jenis energi yang bisa diperbaharui dalam waktu yang relatif singkat. Dan salah satu energi alternatif yang murah, efektif, efisien dan mudah untuk diaplikasikan oleh masyarakat luas adalah Biogas. Bahan baku dalam pembuatan biogas sangatlah berpengaruh terhadap gas metan yang dihasilkan. Idealnya, bahan baku biogas dipilih dan di campur dalam proporsi yang sesuai untuk menghasilkan biogas yang berkualitas.

         Dengan mencampurkan kotoran sapi dan sekam jerami padi dimana jumlah rasio C/N yang besar dari kedua bahan baku tersebut diharapkan dapat menghasilkan produski biogas yang lebih optimal dengan kualitas dan kuantitas yang baik, dari biogas berbahan baku 100% kotoran sapi. Sehingga diharapkan dapat bermanfaat  bagi masyarakat khususnya didaerah pedesaan dan mengurangi pembuangan limbah sembarangan.

         Produksi biogas dilakukan dengan menggunakan 2 digester yang diisi dengan bahan baku campuran kotoran sapi dan sekam padi dengan komposisi yang sama (60:40) dan dicampurkan air dengan perbandingan 1:1. Biogas mulai terbentuk di hari pertama dan cenderung mengalami kenaikan pada hari ke-4 dan ke-5. Perkembangan biogas rata-rata paling tinggi terjadi pada hari ke-7. Perkembangan produksi tertinggi dihasilkan dari hasil perlakuan pengadukan selama interval  8 jam dan suhu tetap dijaga konstan pada 35˚C yang menghasilkan tekanan gas sebesar 102070.6 Pa. Dan untuk nilai energy dalam paling besar terjadi pada T 35˚C (308 K) sebesar 691.038 kJ/kg dengan tekanan yang dihasilkan sebesar 102070.6 Pa.

Kata kunci : biogas, sekam padi, energi panas, energi dalam, optimalisasi biogas.


Full Text:

PDF

References


Asri, A. (2013). Rancang Bangun dan Analisis Parameter Fisis Reaktor Biogas Untuk Pengoptimalan Produksi Gas Metan. PRISMA FISIKA .

Haryanto, A. (2019). PENGARUH KOMPOSISI SUBSTRAT CAMPURAN KOTORAN SAPI DAN JERAMI PADI. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem .

Rachman, A. K., Notosudjono, D., & Soebagia, H. (2018). STUDI PERENCANAAN ENERGI BIOMASSA DARI LIMBAH PADI. STUDI PERENCANAAN ENERGI BIOMASSA .

Siswanto, J. E. (2018). Analisa Biogas Berbahan Baku Eceng Gondok Dan Kotoran Sapi. Chempublish Journal .

Suyitno, Sujono, A., & Dharmanto. (2010). Teknologi Biogas. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Widyastuti, S. (2017). PENAMBAH AN SAMPAH SAYURANPADA FERMENTASI BIOGAS DARIKOTORAN SAPI DENGAN STARTER EM4. jurnal TeknikWAKTU .

Yahya, Y. (2017). PRODUKSI BIOGAS DARI CAMPURAN KOTORAN AYAM, KOTORAN SAPI,. Jurnal Teknik Pertanian Lampung.


Article Metrics

Abstract - 463 PDF - 384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

google-graduation-520x245-ok


Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu)

LP3M

Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jalan Perintis Kemerdekaan I Babakan No.33,

Kota Tangerang, Banten 15118

Email: umtsinamu@gmail.com

 


Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu) is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0 .  e-ISSN   2714-5603