Pengaruh Equity Sensitivity, Gender dan Intellectual Intelligence terhadap Ethical Behaviour

Dewi Rachmania, Mohamad Zulman Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Ethical Behaviour mahasiswa dan mahasiswi akuntansi pada perguruan tinggi di kota Tangerang. Faktor – Faktor yang akan diteliti adalah Equity Sensitivity, Gender dan Intellectual Intelligence. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi program S1 Akuntansi pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Tangerang, antara lain Universitas Muhammadiyah Tangerang, Universitas Buddhi Dharma dan Universitas Islam Syeh Yusuf, dengan menggunakan teknik Probability Sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner (Google Form). Analisis statistik yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Equity Sensitivity berpengaruh positif terhadap Ethical Behaviour. Gender dan Intellectual Intelligence tidak berpengaruh terhadap Ethical Behaviour.


Full Text:

PDF

References


Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hari, Diah. Hastuti, Sri dan Suhartini, Dwi 2013. Accounting Student and Lecturer Ethical Behavior: Evidence from Indonesia. Bussiness Education and Acreditation, Volume. 5, No. 1, 2013.

Hidayat, W., & Nugroho, A. A. (2010). Studi empiris theory of planned behavior dan pengaruh kewajiban moral pada perilaku ketidakpatuhan pajak wajib pajak orang pribadi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 12(2), 82-93.

Ika, Desi. 2011. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Spiritual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi dipandang dari segi Gender (Studi pada perguruan tinggi negeri di Kota Medan). Jurnal Keuangan dan Bisnis, Volume. 3 No. 2, Juli 2011.

Institut Akuntan Publik Indonesia, 2011. Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Kusuma, R. N. D., & Budisantoso, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Equity Sensitivity Dan Ethical Sensitivity Terhadap Perilaku Etis Auditor.

Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 20. Yogyakarta: ANDI

Tikollah, M. R., Triyuwono, I., & Ludigdo, U. (2006). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi (Studi pada Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan). Simposium Nasional Akuntansi, 9, 23-26.

Yovita, C. S. D., & Rahmawaty, R. (2016). Pengaruh Gender, Ethical Sensitivity, Locus of Control, Dan Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 1(2), 252-263.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3496

Article Metrics

Abstract - 407 PDF - 217

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3496.g2490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats