SOSIALISASI ETIKA KOMUNIKASI DI KANTOR KELURAHAN ARGASUNYA KOTA CIREBON

Nurudin - -, Farida Nur Falah, Rifka Noviani Santika, Feni Oktiani -

Abstract


Komunikasi kantor yakni komunikasi yang terjadi dan berlangsung dalam kantor, atau ada yang menyebut dengan istilah tata hubungan kantor. Seorang manajer kantor harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan semua pegawai kantor baik  horisontal, vertikal, atau diagonal. Komunikasi yang efektif akan menciptakan iklim kerja kantor yang sehat dan terbuka. Identifikasi Masalah : 1). Bagaimanakah etika komunikasi di Kantor Kelurahan Argasunya Kota Cirebon”?, 2). Faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala etika komunikasi di Kantor Kelurahan Argasunya Kota Cirebon”, 3). Faktor-faktor apa saja yang menjadi penunjang etika komunikasi di Kantor Kelurahan Argasunya Kota Cirebon”?. Kegiatan sosialisasi dapat dikatakan berhasil dilakukan mereka ada perubahan positif baik dari aspek kognitif, afektif, maupun konatif pada saat mereka berkomunikasi dengan memperhatikan etika pula. Indikator keberhasilan  adalah  mereka menjadi mengetahui dan memahami bahwa etika berkomunikasi dapat  menciptakan keharmonisan dan efektivitas kerja.

 

Kata kunci : etika komunikasi

 

Abstract

Office communication communication that occurs and takes place in the office, or there is a mention of the term office relations administration. An office manager must be able to communicate effectively with all office employees whether horizontally, vertically, or diagonally. Effective communication will create a healthy and open work climate. Problem Identification: 1). How is the communication ethic in the Argasunya Urban Village Office, Cirebon City?, 2). What are the factors that become communication ethics in the Argasunya Urban Village Office, Cirebon City, 3). What factors support communication ethics at the Argasunya Urban Village Office, Cirebon City? Socialization activities can be said to be successful, positive changes, both from the cognitive, affective, or conative aspects when they communicate with due regard to ethics as well. Indicators are indicators that help and understand that communication ethics can create harmony and work.

 

Key words : communication ethics


Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchayana, (1995)., Dinamika Komunikasi, Bandung : Remaja Karya

Effendy, O Uchjana, (1994)., Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek, bandung : Rosdakarya

Haryatmoko, (2007)., Etika Komunikasi, Sleman : Kanisius

Johannesen, Richard L., Etika Komunikasi, Bandung : Rosdakarya.

Mulyana, Deddy, (2000), Ilmu Komunikasi :SuatuPengantar, Remadja Bandung : RosdaKarya




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3523

Article Metrics

Abstract - 283 PDF - 158

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3523.g2250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

google-graduation-520x245-ok


Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu)

LP3M

Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jalan Perintis Kemerdekaan I Babakan No.33,

Kota Tangerang, Banten 15118

Email: umtsinamu@gmail.com

 


Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu) is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0 .  e-ISSN   2714-5603