SOSIALISASI STRATEGI KOMUNIKASI LAYANAN APARATUR DESA PADA SITUASI PANDEMI COVID-19 DI DESA ARGASUNYA KOTA CIREBON

Farida Nur Falah, Nuruzzaman - -, Rifka Noviani Santika

Abstract


Wabah Covid-19 semakin menyebar dan menelan banyak korban jiwa. Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah dalam menekan wabah dengan munculnya kebijakan Work From Home, social distancing, physical distancing sampai dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan harapan tujuannya dapat terselenggaranya pelayanan publik dapat tetap berjalan. Hasil survai Kelurahan Argasunya merupakan salah satu dari 13 wilayah yang terkena Zona merah pada Radar Cirebon 18 April 2020 begitu juga bulan September masih posisi Zona Merah sehingga sosialisasi strategi komunikasi pelayanan publik aparatur desa sangat diperlukan untuk menunjang kinerja diantara pihak internal maupun pihak eksternal. Adapun tujuan dari pengabdian yaitu ; 1. Untuk mengetahui strategi komunikasi layanan Aparatur Desa. 2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dan penunjang layanan layanan Aparatur Desa. 3. Untuk upaya yang dilakukan Aparatur Desa. Adapun metode penulisan dengan melakukan ceramah, simulasi dan wawancara. Hasil pengabdian menjelaskan bahwa Strategi komunikasi layanan Aparatur desa dengan menggunakan layanan rumah dan kekeluargaan melalui telepon selular dan website dan dengan memenuhi protocol kesehatan. 2. Faktor-faktor yang menjadi kendala layanan Aparatur Desa jika habis kuota internet, jaringan internet hilang, dan karena kehabisan pulsa serta apabila ada informasi yang mendadak. Faktor-faktor yang menjadi penunjang jumlah penduduk RW masih dapat dikendalikan. 4. Adapun upaya yang dilakukan dengan melakukan musyawarah dan sosialisasi, menyediakan  sarana cuci tangan dan atau menggunakan sanitaizer, layanan dilakukan secara online dengan menggunakan fasilitas yang ada baik media social maupun web site, atau dengan menggunakan teknologi komunikasi telepon selular.

 

Kata kunci : startegi komunikasi, layanan Aparatur, Covid 19

 

 

The Covid-19 outbreak is spreading and costing many lives. Various ways are done by the government in suppressing the outbreak with the emergence of Work From Home policy, social distancing, physical distancing up to Large Scale Social Restrictions (PSBB) in the hope that the goal can be held public services can continue to run. The results of the Argasunya Village survey are one of the 13 areas affected by the red zone on Radar Cirebon 18 April 2020 as well as september still the position of the Red Zone so that the socialization of the communication strategy of public service village apparatus is necessary to support performance between internal parties and external parties. The purpose of devotion is; 1. To know the communication strategy of village apparatus services. 2. To know the factors that are the problem and support the service of village apparatus services. 3. For the efforts made by the Village Apparatus. As for the method of writing by conducting lectures, simulations and interviews. The results of the service explain that the communication strategy of village apparatus services by using home and family services through mobile phones and websites and by meeting health protocols. 2. Factors that are the problem of village apparatus service if internet quota is exhausted, internet network is lost, and because it runs out of credit and if there is sudden information. The factors that support the population of RW can still be controlled. 4. As for the efforts made by conducting deliberation and socialization, providing hand washing facilities and or using sanitaizer, services are carried out online using existing facilities either social media and web site, or by using mobile phone communication technology.

 

Keywords: communication strategy, apparatus services, Covid 19

 


Full Text:

PDF

References


Effendy, OnongUchayana, (2000)., DinamikaKomunikasi, Bandung : Remaja Karya

Effendy, O Uchjana, (1994). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek., Bandung : Rosdakarya

Johannesen, Richard L., Etika Komunikasi, Bandung : Rosdakarya.

Mulyana, Deddy, Dr, MA, (2000), Ilmu Komunikasi : SuatuPengantar, Remadja Bandung : RosdaKarya

Sinambela, Ujan Poltak, (2006), Reformasi PelayananPublik, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

https://www.radarcirebon.com/2020/04/18/odp-argasunya-77-orang-banyak-kepala-keluarga-berdagang-di-jakarta/

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5160861/13-kelurahan-di-kota-cirebon-zona-merah-jumlah-pasien-positif-terus-bertambah




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3524

Article Metrics

Abstract - 472 PDF - 609

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3524.g2249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

google-graduation-520x245-ok


Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu)

LP3M

Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jalan Perintis Kemerdekaan I Babakan No.33,

Kota Tangerang, Banten 15118

Email: umtsinamu@gmail.com

 


Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu) is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0 .  e-ISSN   2714-5603