Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Determinasi Diri Terhadap Keterikatan Kerja Karyawan pada PT. Torabika Eka Semesta Tangerang

Yanthi Meitry Gunawan, Lena Erdawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas kehidupan kerja dan determinasi diri terhadap keterikatan kerja karawan pada PT. Torabika Eka Semesta Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Sample dalam penelitian ini berjumlah 66 karyawan, dengan objek penelitian di PT. Torabika Eka Semesta Tangerang. Pengumpulan data primer diperoleh dari observasi, interview dan penyebaran kuesioner. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, Analisis Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi, Uji t dan Uji F. Secara simultan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas kehidupan kerja (X1) dan determinasi diri (X2) terhadap keterikatan kerja karyawan (Y) di PT. Torabika Eka Semesta Tangerang. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 63,8, % dan sisanya 36,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimin 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik Jakarta: Rineka Cipta.

Busro, Muhammad 2018. Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group

Deci, Edward L., & Ryan, Richard M. 2000. Handbook of Self-Determination Research.Singapore: The University of Rochester Press.

Ghozali, I.2018 Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro

Ghozali, Imam. 2016 Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Cetakan ke VIII.Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ghufron, M. Nur. & Risnawati, Rini. 2018 Teori-teori psikologi. Jogjakarta: Ar-Ar-Ruzz Media

Hasibuan, Malayu. 2018.Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: PT. Bumi Aksara

Irmawati, Irmawati, Wulandari Kn, and Alifa Sri. "Pengaruh Quality of Work Life, Self Determination, dan Job Performance Terhadap Work Engagement Karyawan." (2017).

Karlina, Lela, Aini Kusniawati, and Nina Herlina. "PENGARUH QUALITY OF WORK LIFE DAN SELF DETERMINATION TERHADAP WORK ENGAGEMENT KARYAWAN (Studi pada PT. Pasific Eastern Coconut Utama Pangandaran)." Business Management and Entrepreneurship Journal (BMEJ) 1.3 (2019).

Kasmir. 2019.Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajag Grafindo Persada

Kaswan.2017 Psikologi Industri & Organisasi.Bandung: Alfabeta

Kurniawati, Chaterine Eka. "Pengaruh Quality of Work Life Terhadap Work Engagement Dan Organizational Citizenship Behaviour Pada Perusahaan Elektronik Di Surabaya." Agora 6.2 (2018).

Mulyadi. 2017.Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Bogor: In Media

Noor, Juliansyah. 2015.Metodologi Penelitian.Jakarta: PRENADA GROUP priansa, Donni Juni. 2016.Perencanaan dan Pengembangan sumber daya manusia. Bandung. Alfabeta

Robbins, Stephen P.2003.Perilaku Organisasi. Index.Jakarta

Sri Wulandari KN, Alifa. Pengaruh Quality Of Work Life, Self Determination, Dan Job Performance Terhadap Work Engagement Karyawan (Studi Pada Karyawan Pt. Pamor Spinning Mill’s Di Karanganyar). Diss. Universitas Muhammdiyah Surakarta, 2017.

Sugiyono. 2015.Metode Penelitian dan Pengembangan.Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Manajemen.Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Manajemen.Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Manajemen.Bandung: Alfabeta

Suwatno dan Donni Juni Priansa. 2016. Manajemen SDM dalam Manajemen SDM dalam organisasi publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta organisasi publik dan Bisnis.Bandung: Alfabeta.

Utami, E. D., Istiqomah, E., & Hidayatullah, M. S. (2020). Hubungan antara Determinasi Diri dengan Keterikatan Kerja pada Karyawan PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin. Kognisia prodi Psikologi FK ULM, 2(1), 9-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3564

Article Metrics

Abstract - 691 PDF - 685

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3564.g2486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats