MODEL PEMBELAJARAN LI-PRO-GP (LITERASI BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI GLS DAN PPK)

Yuni Pantiwati

Abstract


Abstrak

Li-Pro-GP merupakan model pembelajaran yang mengembangkan literasi berbasis
pembelajaran proyek terintegrasi dengan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dan PPK
(Penguatan Pendidikan Karakter). Li-Pro-GP telah dikembangkan menggunakan model
Borg and Gall (1983). Kegiatan literasi diterapkan dalam sintaks pembelajaran proyek yaitu
1) pengenalan masalah, 2) mendesain perencanaan, 3) penyusunan jadwal, 4) pelaksanaan
dan monitoring, 5) menguji hasil, 6) evaluasi dan refleksi. GLS adalah sebuah gerakan
literasi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang merupakan bagian
dari Gerakan Literasi Nasional. Tahapan GLS terdiri dari pembiasaan, pengembangan,
dan pembelajaran . Sedang PPK adalah gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat
karakter siswa yang diintegrasikan yaitu aspek integritas, Religius, Nasionalis, Gotong
Rorong, dan Kemandirian.
Kata Kunci: literasi, pembelajaran proyek, penguatan karakter

Abstract

Li-Pro-GP is a learning model that develops literacy based on integrated project learning with GLS
(School Literacy Movement) and PPK (Strengthening Character Education). Li-Pro-GP has been
developed using the Borg and Gall (1983) model. Literacy activities are applied in the project learning
syntax, namely 1) problem recognition, 2) planning design, 3) scheduling, 4) implementation and
monitoring, 5) testing results, 6) evaluation and reflection. GLS is a literacy movement within the
Ministry of Education and Culture which is part of the National Literacy Movement. The GLS stage
consists of habituation, development, and learning. Meanwhile, PPK is an educational movement in
schools to strengthen the character of students which is integrated, namely aspects of integrity, Religious,
Nationalism, Mutual Cooperation, and Independence.
Keywords : literacy, project learning, character strengthening


Full Text:

PDF

References


Aisyi, F. K., Elvyanti, S., Gunawan, T., & Mulyana, E. (2013). Pengembangan Bahan Ajar

Tik Smp Mengacu Pada Pembelajaran Berbasis Proyek. Ivotec, IX(2), 117–128.

Antasari, I. W. (2015). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI

Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(40), 13–26.

Beer, C. . (2009). A Principal’s Guide to Literacy Instructional. Guilford Press.

Goodman, & Stivers. (2010). Mendefinisikan Project Based Learning (PjBL). Educational

Physcology.

Huda, K. W., & Rohmiyati, Y. (2019). Media Buku Cerita Bergambar Di Sd Negeri Wotan

Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 118–126.

Kemendikbud. (2017a). Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan

Menengah.

Kemendikbud. (2017b). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan Dan

Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud. (2017c). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan Dan

Kebudayaan Republik Indonesia.

Pantiwati, Y., Permana, F. H., Kusniarti, T., & Miharja, F. J. (2020). The Characteristics of

Literacy Management in School Literacy Movement ( SLM ) at Junior High School in

Malang - Indonesia. Asian Social Science, 16(4), 15–24.

https://doi.org/10.5539/ass.v16n4p15

Rohendi, E. (2010). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1).

Sari, I. F. R. (2018). Konsep dasar gerakan literasi sekolah tentang penumbuhan budi pekerti.

Al-bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1).

Sari, L. I., Satrijono, H., & Sihono. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek

( Project Based Learning ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara

Siswa Kelas VA SDN Ajung 03 ( The Application of Method Project Based Learningfor Improving Learning Outcomes on Speaking Skil. Jurnal Edukasi UNEJ, 2(1), 11–14.

Sekjen Kemendikbud. (2017). Konsep dan Pendidikan Penguatan Pendidikan Karakter. Pusat

Analisis dan Sinkronisas di Kebudayaan.

Suyatna, A. (2017). Membangun Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, Kolaboratif,

Komunikatif Siswa Melalui Proses Pembelajaran. Seminar Nasional Membangun

Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar Dalam Era Global, 1–19.

Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada

pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar, 26, 116–123.


Article Metrics

Abstract - 245 PDF - 261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

google-graduation-520x245-ok


Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu)

LP3M

Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jalan Perintis Kemerdekaan I Babakan No.33,

Kota Tangerang, Banten 15118

Email: umtsinamu@gmail.com

 


Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu) is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0 .  e-ISSN   2714-5603