STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN FAKULTAS PARIWISATA DAN INDUSTRI KREATIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG DALAM MEMBANGUN EKUITAS MEREK
Abstract
Persaingan bisnis Pendidikan untuk memperebutkan mahasiswa tidak lagi terbatas pada atribut fungsional produk seperti fasilitas dan pelayanan, melainkan sudah dikaitkan dengan merek yang mempu memberikan citra khusus bagi calon mahasiswa. Tingkat persaingan yang makin kuat, merek memberikan kontribusi menciptakan dan menjaga daya saing sebuah produk. Merek akan dihubungkan dengan citra khusus yang mampu memberikan asosiasi tertentu dalam benak pelanggannya. Permasalahan yang diambil bagaimana strategi komunikasi pemasaran Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang dalam membangun ekuitas merek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dalam rangka membangun ekuitas merek pada Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang. Teori yang digunakan adalah teori kendali organisasi dari Philip Tompkins, George Cheney. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dengan teknik purposive sampling. Obyek penelitian adalah Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan komunikasi pemasaran yang telah dilakukan oleh Fakultas Parinkraf UMT tersebut mereka mampu meraih perhatian tertinggi di benak masyarakat sebagai calon mahasiswa maupun mahasiswa. Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif telah menempati puncak pemikiran mahasiswa sebagai tempat belajar dengan kualitas yang baik dan dengan harga yang terjangkau dan setingkat lebih baik dibanding Fakultas yang lain. Teori kendali organisasi Philip Tompkins, George Cheney memang sesuai dengan hasil yang didapatkan dengan menggunakan kendali konsertif (consertive control) dengan menggunakan hubungan interpersonal serta kerjasama tim sebagai kendali didalamnya.
Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Ekuitas Merek
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rhineka Cipta
Effendi, O.U, 1999, Ilmu Komunikasi: teori dan Praktek, Remaja Rosdakarya,Bandung
Kotler, Philip, 2001, Manajemen Pemasaran, PT Prehalindo, Jakarta
Kountur, Ronny. 2003. Metode Penelitian : Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta :PPM
Kountur, Ronny. 2003. Metode Penelitian : Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta : PPM
Kriyantono, Rakhmat. 2007. Teknik Praktis riset Komunikasi. Jakarta : Kencana
Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Pace, R.Wayne dan Don F. Faules. 2001. Komunikasi Organisasi : Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Rakhmat, Jalaluddin. 2001. Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Sutopo, H.B. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press
Sutisna, 2003, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, PT. Remaja Rosadakarya, Bandung
Swastha, Basu dan Irawan, 2000, Manajemen Pemasaran: Strategi dan Taktik, Ghalia, Bogor
Article Metrics
Abstract - 10704 PDF - 331Refbacks
- There are currently no refbacks.