ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN MEMBACA KETERAMPILAN MENULIS DAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI DENGAN BAHASA KEDUA BERDASARKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PUBLIPRENEUR BASED LANGUAGE LEARNING (PBLL)

Zalzulifa Zalzulifa, NASARUDDIN NASARUDDIN

Abstract


Penelitian ini berawal dari ingin mengetahui sejauh mana pendekatan Pembelajaran Publipreneur Based Language Learning (PBLL) dapat  meningkatkatan pemahaman membaca, keterampilan menulis dan kemampuan berargumentasi mahasiswa program Studi  Teknik Elektro  Fakultas Teknik Universitas Muhamammadiyah Tangerang dengan menggunakan  bahasa inggris. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 101 orang responden dengan teknik sampling non-probabilty sampling atau sampel total. Metode yang digunakan yaitu metode survey. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket terbuka dengan bantuan teknologi web. Hasil penelitian; (1) bahwa tingkat pemahaman membaca Bahasa inggris mahasiswa yang yang diajar dengan pendekatan PBLL,  secara deskriptif berada pada   73.59 % dari yang diharapkan 100 %; (2) keterampilan menulis Bahasa inggris mahasiswa yang yang diajar dengan pendekatan PBLL, secara deskriptif berada pada   79.04 %  dari yang diharapkan 100 %; (3) kemampuan berargumen dengan menggunakan Bahasa inggris mahasiswa yang yang diajar dengan pendekatan PBLL,  secara deskriptif berada pada   72.93 %. dari yang diharapkan 100 %; Keimpulan; 1) Pendekatan pembelajaran publipreneur based language learning (PBLL) dapat  meningkatkatan pemahaman membaca bahasa inggris  bidang bisnis  bagi  mahasiswa Program Studi  Teknik Elektro  Fakultas Teknik Univesitas Muhammadyah Tangerang; 2) Pendekatan pembelajaran publipreneur based language learning (PBLL) dapat  meningkatkatan keterampilan menulis bahasa inggris  bidang bisnis  bagi  mahasiswa Program Studi  Teknik Elektro  Fakultas Teknik Univesitas Muhammadyah Tangerang; 3) Pendekatan pembelajaran publipreneur based language learning (PBLL) dapat  meningkatkatan kemampuan berargumentasi  bahasa inggris  bidang bisnis  bagi  mahasiswa Program Studi  Teknik Elektro  Fakultas Teknik Univesitas Muhammadyah Tangerang; Saran; 1) Pendekatan pembelajaran  publipreneur based language learning (PBLL) merupakan pendekatan baru untuk pendidikan vokasi, oleh sebab itu dibutuhkan  kerjasama semua pihak, agar PBLL kedepan  jauh lebih baik lagi; 2) Diharapkan kepada beberapa ahli untuk memberikan kritik dan saran terkait dengan kelebihan dan kekurang penelitian ini, baik segi kerangka pemikiran maupun metodologi yang digunakan; 3) Diharapakan bagi peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lebih mendalam lagi terutama yang berkaitan dengan kemampuan argument mahasiswa dengan menggunakan Bahasa inggris yang terkait dengan hasil karya mahasiswa sepeerti penulisan makalah, paper maupun dalam bentuk lain.

 

Key word: Publipreneur Based Language Learning (PBLL) dapat meningkatakan pemahaman membaca, keterampilan menulis dan kemampuan argumnetasi dengan menggunakan Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Burns. A. (2010). Doing action research in english language teaching: A guide for practitioners. New York: Routledge

Creswell, J.W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

Damasio, A. R. (1994). Descartes’ error: Emotion, reason and the human brain. New York: Grosset/Putnam.Google Scholar

Durkin, D. (1993). “Teaching them to read (6th Ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Goldberg, E. (2001). The executive brain: Frontal lobes and the civilized mind. New York: Oxford University Press.Google Scholar

Illeris, K. (2002a). The three dimensions of learning: Contemporary learning theory in the tension field between the cognitive, the emotional and the social. Leicester: NIACE. Malabar: Krieger.Google Scholar

Illeris, K. (2007b). How we learn: Learning and non-learning in school and beyond. London: Routledge.Google Scholar

Keraf, Gorys (2010). “Argumentasi dan Narasi”. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum

Sanjaya Wina, (2008) Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan KTSP, Jakarta: Kencana

Sudjana Nana (2012) “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”, Bandung: RemajaRosdakraya

Journal:

Alkhawaldeh A .”The contribution of reading comprehension to writing skill development in English among university students in Jordan” (European Journal of Social Sciences 25 (2), October 2011), pp. 260-274

Basonggo Harni, Mawardin M. Said, Anjar Kusuma Dewi. “Developing Writing Skill Of Grade Viii Studentsthrough Personal Letter” (e-Journal of English Language Teaching Society (ELTS) Vol. 4 No. 1 2016), ISSN 2331-1841

Eka Fitri Puspa Sari. “Effect Of Understanding The Concept Of Math Skills Student Sthrough Learning Starts With A Question Method” (Jurnal “Mosharafa”, Volume 6, 01 Januari 2017)

Elsayed Ahmed Samir Abdul Ghaffar. “Written Direct and Indirect Comprehensive Feedback’s Influence on Kuwaiti Undergraduate University Students’ Writing Accuracy”. (Journal of Applied Linguistics and Language Research Volume 6, Issue 5, 2019), pp. 1-37

Nurfiryalianti,, Jamiluddin, Hastini. Improving Writing Skill By Using Free Writing Technique (e-Journal of English Language Teaching Society (ELTS) Vol. 2 No. 3, 2014), ISSN 2331-1841

Praptanti Isnaeni dan Noorliana. “Analisis Kemampuan Menulis Argumentasi Pada Makalah Ilmiah Mahasiswa Farmasi Universitas Muhamadiyah Purwokerto” (Jurnal Sains Dan Humanioran JSSH P-ISSN:2579-9088 Vol. I Nomor 2, September 2017 )

Scott Kissau, Florian Hiller. “Reading Comprehension Strategies: An International Comparison of Teacher Preferences (Sage Journal Volume: 8 issue: 4, Issue published: December 1, 2013), pp. 437-454 https://doi.org/10.2304/rcie.2013.8.4.437

Van Den Broek, P., & Espin, C. A. “Connecting cognitive theory and assessment: Measuring individual differences in reading comprehension. (Journal Psychology Review, 41 (3) 2012)., pp. 315-325.

Wilairat Kirin.” Effects of Extensive Reading on Students’ Writing Ability in an EFL Class” (Journal Of Asia TEFL Vol. 7, No. 1, 2010), pp. 285-308

Yovanoff, P., Duesbery, L., Alonzo, J., & Tindal, G. “Grade-level invariance of a theoretical causal structure predicting reading comprehension with vocabulary and oral reading fluency. (journal Educational Measurement: Issues and Practice, 24 (3), 2005), pp. 4-12.

Marcin Lewiński Dima Mohammed 23 October 2016 https://doi.org/10.1002/9781118766804.wbiect198

http://guidetogrammar.org/grammar/composition/logic.htm

StephenToulmin.https://is.theorizeit.org/wiki/Argumentation_theory#Level_of_analysis


Article Metrics

Abstract - 10557 PDF - 250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.