Strategi Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan

Amanda Amanda

Abstract


Dengan semakin berkembangnya perekonomian mengakibatkan timbulnya perusahaan-perusahaan baru, yang pada akhirnya meningkatkan persaingan antar perusahaan sehingga menjadi tantangan bagi perusahaan untuk menjadi unggul dalam persaingan tersebut termasuk juga pada perusahaan-perusahaan cepat saji yang masuk ke Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi public relations dalam meningkatkan citra perusahaan studi kasus PT. Fast Food Indonesia Tbk. Konsep strategi public relations yang digunakan adalah bauran public relations yaitu Publications (publikasi), Event (acara), News (pesan/berita), Corporate Identity (citra perusahaan), Community Involvement (hubungan dengan khalayak), Lobbying and Negotiation (teknik lobi dan negosiasi) dan Social Responsibility/Corporate Social Responsibility (CSR). Teori yang digunakan adalah Teori Citra (Image Theory) menurut Frank Jefkins menyatakan bahwa kesan, gambaran, atau impresi yang tepat (sesuai dengan kenyataan) atau sosok keberadaan berbagai kebijakan personil-personil atau jasa- jasa dari suatu organisasi atau perusahaan. Metode yang digunakan adalah studi kasus single case holistic. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan strategi public relations yang dilakukan sudah berjalan dengan baik, hanya saja tingkat keefektifan dari masing-masing kegiatan memiliki nilai yang berbeda.

 

Kata Kunci: Public relations, Strategi Public relations, Strategi PR

 

Abstract

 

With the development of the economy, it resulted in the emergence of new companies, which in the end increased competition between companies so that it became a challenge for companies to excel in this competition, including fast food companies entering Indonesia. The purpose of this study was to determine how the public relations strategy in improving the corporate image. Case study PT. Fast Food Indonesia Tbk. The concept of the public relations strategy used is the public relations mix, namely Publications (publications), Events (events), News (messages / news), Corporate Identity (corporate image), Community Involvement (relationships with audiences), Lobbying and Negotiation (lobbying techniques and negotiation) and Social Responsibility / Corporate Social Responsibility (CSR). The theory used is Image Theory according to Frank Jefkins, which states that the impression, image, or impression is right (in accordance with reality) or the figure of the existence of various personnel policies or services from an organization or company. The method used is a single case holistic case study. Data collection was carried out by in-depth interviews and literature study. The results show that the public relations strategy has been going well, it's just that the level of effectiveness of each activity has a different value.

Keywords: Public relations, Public relations Strategy, Strategic PR


Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro & Soleh Soemirat. 2004. Dasar-Dasar Public relations, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

C, Narbuko, & A, Achmadi. (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Cangara, Hafied. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. (1993). Human Relations dan Public relations. Bandung: CV. Mandar Maju.

________________________(1993). Ilmu, T eori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

________________________(1989). Kamus Komunikasi. Bandung: Mandar Maju.

Grunig, James. E, Excellence in Public relations and Communication Management, Lawrence Erlbaum, New Jersey, 1992

Jalaludin Rakhmat, Metode Penelitian Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarta, Bandung, 1985

Kriyantono, Rakhmat. (2007). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong, Lexy J. (1980). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Dedy. (2000). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2007). Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rakhmat, Jalalludin. (1985). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. (2003). Metode Penelitian Public relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soleh Soemirat & Elvinaro Ardianto, (2010). Dasar-dasar Public relations, Bandung: remaja Rosdakarya


Article Metrics

Abstract - 27514 PDF - 9637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.