PERUBAHAN BEHAVIORAL ANAK DALAM PENGGUNAAN GADGET (Anak Usia Dini di TK Arrahmaniyyah)

Aliyah Aliyah

Abstract


This study focuses on early childhood behavior using qualitative methods, with a qualitative descriptive approach, detailed presentation of data managed from the field, Herbert Blumer and Elihu Katz's Uses and Gratification Theory, observational data collection, observation and conducting in-depth interviews providing the assumption that the use of gadgets as a means of learning and entertainment when feeling bored and lonely, by choosing the right mass media as a fulfillment of needs and increasing knowledge and utilization of information, the results of the research are changes in politeness and antisocial behavior. Keyword : Theory of Uses and Gratification, Gadgets, Behavioral

Penelitian ini berfokus pada behavioral anak usia dini yang menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif, pemaparan secara mendetail akan data yang dikelolah dari lapangan, Teori Uses dan Gratification Herbert Blumer dan Elihu Katz, pengumpulan data secara pengamatan, observasi serta melakukan wawancara secara mendalam memberikan asumsi bahwa penggunaan gadget sebagai sarana belajar dan hiburan saat merasa jenuh dan kesepian, dengan pemilihan media massa yang tepat sebagai pemenuhan kebutuhan serta menambah pengetahuan dan pemanfaatan informasi, hasil penelitian menjadi perubahan perilaku kesopanan dan antisosial. Keyword : Teori Uses and Gratification, Gadget, Behavioral


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Chekima, B., Chekima, F. Z., & Adis, A.-A. A. (2020). Social Media Influencer in

Advertising: The Role of Attractiveness, Expertise and Trustworthiness. Journal of

Economics and Business, 3(4). https://doi.org/10.31014/aior.1992.03.04.298

Elfiadi. (2018). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan. Itqan, 9(2), 97–110.

https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/176/147/

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Pembelajaran

Kejenuhan/Kesepian

Hiburan/

Pemenuhan Kebutuhan

Informasi

Hiburan

Minat, Bakat

dan Hobby

Dampak Perilaku Anak

Negatif/Positif

Pengetahuan

Hiburan

Penyaluran Minat

https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2022). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. JURNAL

SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(5), 356.

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i5.159

Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan

Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan

Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092

Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap

Interaksi Sosial Pada Anak Usia Pra Sekolah: literatur review. Jurnal Kesehatan, 4(1),

–47.

Oktaviana, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini

Perspektif Hadis. Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 145–153.

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12544

Pradana, Y. A., Famukhit, M. L., & Nurhayati. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget

Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Paud Permata Ibu Jatirejo. Jurnal Proyeksi

Pendidikan Informatika, 1, 94–99. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/561/

Sari, P., & Marlina, S. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 4 Tahun

di Dusun Cempaka Putih. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 229–238.

https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1328

Vera Nawiroh. (2016). Komunikasi Massa. Ghalia Indoneisa.

Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Abdi

Ilmu, 13(1), 29–34. https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/888

Yuliani Wiwin. (2020). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM

PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. Quanta, 4(1), 44–51.

https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan

Bahasa Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia

Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889


Article Metrics

Abstract - 145 PDF - 119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.