PERUBAHAN BEHAVIORAL ANAK DALAM PENGGUNAAN GADGET (Anak Usia Dini di TK Arrahmaniyyah)
Abstract
This study focuses on early childhood behavior using qualitative methods, with a qualitative descriptive approach, detailed presentation of data managed from the field, Herbert Blumer and Elihu Katz's Uses and Gratification Theory, observational data collection, observation and conducting in-depth interviews providing the assumption that the use of gadgets as a means of learning and entertainment when feeling bored and lonely, by choosing the right mass media as a fulfillment of needs and increasing knowledge and utilization of information, the results of the research are changes in politeness and antisocial behavior. Keyword : Theory of Uses and Gratification, Gadgets, Behavioral
Penelitian ini berfokus pada behavioral anak usia dini yang menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif, pemaparan secara mendetail akan data yang dikelolah dari lapangan, Teori Uses dan Gratification Herbert Blumer dan Elihu Katz, pengumpulan data secara pengamatan, observasi serta melakukan wawancara secara mendalam memberikan asumsi bahwa penggunaan gadget sebagai sarana belajar dan hiburan saat merasa jenuh dan kesepian, dengan pemilihan media massa yang tepat sebagai pemenuhan kebutuhan serta menambah pengetahuan dan pemanfaatan informasi, hasil penelitian menjadi perubahan perilaku kesopanan dan antisosial. Keyword : Teori Uses and Gratification, Gadget, Behavioral
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Chekima, B., Chekima, F. Z., & Adis, A.-A. A. (2020). Social Media Influencer in
Advertising: The Role of Attractiveness, Expertise and Trustworthiness. Journal of
Economics and Business, 3(4). https://doi.org/10.31014/aior.1992.03.04.298
Elfiadi. (2018). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan. Itqan, 9(2), 97–110.
https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/176/147/
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.
Pembelajaran
Kejenuhan/Kesepian
Hiburan/
Pemenuhan Kebutuhan
Informasi
Hiburan
Minat, Bakat
dan Hobby
Dampak Perilaku Anak
Negatif/Positif
Pengetahuan
Hiburan
Penyaluran Minat
https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2022). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. JURNAL
SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(5), 356.
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i5.159
Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan
Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan
Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092
Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap
Interaksi Sosial Pada Anak Usia Pra Sekolah: literatur review. Jurnal Kesehatan, 4(1),
–47.
Oktaviana, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini
Perspektif Hadis. Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 145–153.
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12544
Pradana, Y. A., Famukhit, M. L., & Nurhayati. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget
Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Paud Permata Ibu Jatirejo. Jurnal Proyeksi
Pendidikan Informatika, 1, 94–99. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/561/
Sari, P., & Marlina, S. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 4 Tahun
di Dusun Cempaka Putih. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 229–238.
https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1328
Vera Nawiroh. (2016). Komunikasi Massa. Ghalia Indoneisa.
Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Abdi
Ilmu, 13(1), 29–34. https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/888
Yuliani Wiwin. (2020). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM
PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. Quanta, 4(1), 44–51.
https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan
Bahasa Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia
Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889
Article Metrics
Abstract - 317 PDF - 266Refbacks
- There are currently no refbacks.