HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Kowiyah Kowiyah, Arina Konita, Rara Andyra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan hubungan pemahaman konsep matematis dengan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan metode korelasi product moment dan subjek penelitian sebanyak 77 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep dan tes kemampuan berpikir kritis. Uji Prasyarat data dengan  validitas, reliabilitas, normalitas dan homogenitas. Penelitian hipotesis menunjukkan bahwa ada korelasi antara pemahaman konsep matematis dengan kemampuan berpikir kritis materi luas keliling bangun datar, ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry1 = 0,639 pada taraf signifikan a = 0,05 dan koefisien determinasi 0,408. Hal ini menunjukkan ada korelasi positif antara pemahaman konsep matematis dengan kemampuan berpikir kritis materi luas keliling bangun datar sebesar 40,8%.


Full Text:

PDF

References


Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116.

Alatas, F. (2015). Hubungan Pemahaman Konsep Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Edusains, 6(1), 87–96. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1103

Aledya, V. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA. Universitas Negeri Medan, 2(May), 0–7.

Astriani, N., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The Effect of Problem Based Learning to Students’ Mathematical Problem Solving Ability. International Journal Of Advance Research And Innovative Ideas In Education, 3(2), 3441–3446.

Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2129. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3767

Desnarita. (2019). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Operasi Hitung Siswa kelas V B dan C di SDN Neglasari. JURNAL BASICEDU, 9(2), 221–230.

Elza Nora Yuliani, Z. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.

Ilfiyati, U., & Rahayu, R. (2022). PROFIL KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN LANGSUNG. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Snapmat) 2022, 118–125. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/188/197

Indah, R. D. (2019). HUBUNGAN KREATIVITAS GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IVA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN 77 REJANG LEBONG. FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

Kirana, A., & Nur, I. R. D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 374–385. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1992

Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5), 175–179. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Kowiyah, K., Marini, A., & Wihardjo, S. (2020). Rasch Model Analysis of Critical Thinking Instruments for Elementary School. ICEMS 2019. https://doi.org/10.4108/eai.30-9-2019.2291176

Kowiyah, K., Mulyawati, I., & Umam, K. (2019). Conceptual Understanding and Mathematical Representation Analysis of Realistic Mathematics Education Based on Personality Types. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201–210. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.4605

Marlinda, P. (2015). HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952, 5–48.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Putri, A., Sumardani, D., Wardani, R., & Nur Hajizah, M. (2020). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL GENERATIVE LEARNING DAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE). AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 108–117.

Rosida. (2019). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung V B dan C di SDN Neglasari. Journal of Chemical Information and Modeling, 9(53), 1689–1699.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Yuyun, D. H. (2017). MODEL PROBLEM BASED LEARNING MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.12166

Article Metrics

Abstract - 183 PDF - 127

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.12166.g5406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats