APAKAH PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS E-COMMERCE DAPAT DITERAPKAN DI INDONESIA?
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pajak pertambahan nilai (PPN) pada e-commerce dapat diterapkan di Indonesia? Dan jika Anda tidak bisa, apa penyebabnya? Penelitian ini menggunakan variabel independen identitas, lokasi, karakteristik, penegakan hukum & lintas batas internasional untuk mengetahui apakah PPN pada transaksi e-commerce dapat diterapkan. Penelitian tentang penerapan PPN untuk transaksi e-commerce di Indonesia dengan membagikan kuesioner secara online kepada 95 responden yang memiliki berbagai profesi di lima provinsi di Indonesia. adalah analisis jalur menggunakan Smart Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas dan penegakan hukum tidak berpengaruh signifikan terhadap penerapan PPN, sedangkan lokasi, karakteristik, dan lintas batas internasional berpengaruh signifikan terhadap penerapan PPN. Implikasi penerapan PPN di Indonesia masih sulit dilakukan karena berbagai faktor seperti sulitnya mengetahui lokasi pengguna transaksi e-commerce, karakteristik transaksi e-commerce, dan keberadaan transaksi antar negara yang mempersulit pemerintah untuk menerapkan pajaknya. Pemerintah diharapkan meningkatkan upaya untuk menemukan lebih banyak informasi tentang pengguna transaksi e-commerce, baik melalui kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi atau bekerja sama dengan negara lain, sehingga perpajakan dapat diterapkan.
Kata Kunci: PPN, E-Commerce
Full Text:
PDFReferences
Adam, D. V., & Astin, I. P. (2019). Kebijakan Pengenaan Pajak Atas Transaksi Perdagangan Online (E-Commerce). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 2, 220–226.
Alaudin, A. (2016). Formulasi Pengaturan Bea Meterai Pada Transaksi E-commerce Di Indonesia. Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum.
A’yun, Q. (2019). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI Tahun 2013-2017) [PhD Thesis]. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Cahyadini, A., & Margana, I. O. (2018). KEBIJAKAN OPTIMASI PAJAK PENGHASILAN DALAM KEGIATAN E-COMMERCE. Veritas Et Justitia, 4(2), 358–387.
Dewy, G. U. (2014). PENGEMBANGAN APLIKASI PENJUALAN PRODUK PADA UMKM GISHOP BERBASIS E-COMMERCE [PhD Thesis]. Universitas Widyatama.
Ekasari, P., & Dharmawan, A. H. (2012). Dampak sosial-ekonomi masuknya pengaruh internet dalam kehidupan remaja di pedesaan. Jurnal Sosiologi Pedesaan, 6(1), 57–71.
Ernawati, E. (2014). Tinjauan Umum Pasar Telepon Seluler.
Fandiyanto, R. (2019). TRANFORMASI SISTEM PEMBAYARAN ELEKTORNIK DI INDONESIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAJUAN BISNIS KREATIF BERBASIS DARING DI WILAYAH EKS-KERESIDENAN BESUKI. Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper, 144–153.
Fandiyanto, R., & Karnadi, K. (2020). TRANFORMASI PEMBAYARAN ELEKTORNIK DI INDONESIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAJUAN BISNIS KREATIF BERBASIS DARING DI WILAYAH EKS-KERESIDENAN BESUKI. GROWTH, 17(2), 1–13.
Gani, A. G. (2018). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 2(2).
Gat, G. (2019). Pemanfaatan M-Retailing dengan Dukungan Layanan Cash on Delivery pada Swalayan. Creative Information Technology Journal, 4(4), 286–296.
Hasanudin, A. I., Ramdhani, D., & Giyantoro, M. D. B. (2020). Kepatuhan Wajib Pajak Online Shopping Di Jakarta: Urgensi Antara E-Commerce Dan Jumlah Pajak Yang Disetor. Tirtayasa Ekonomika, 15(1), 65–85.
Herdiani, R. T. (2018). MEDIA INTERNET DAN BUDAYA ILMIAH DI KALANGAN MAHASISWA. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 3(4).
Husaini, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e-education). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 2(1).
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis–ISSN, 2085, 1375.
Irwansyah, E., & Moniaga, J. V. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Deepublish.
Jashari, H. (2016). The First and Second Hands Data in Doctoral Research Work. European Journal of Social Science Education and Research, 3(2), 133–138.
Jonnadi, A., Amar, S., & Aimon, H. (2012). Analisis pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan di indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi, 1(1).
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.
Lim, S. A., & Indrawati, L. (2017). Implementasi Anggaran Pada Usaha Mikro Dan Kecil Di Surabaya. BIP’s: JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 9(2), 78–102.
Lubis, M. R. (2017). Kebijakan Pengaturan Pajak Penghasilan Dan Pajak Pertambahan Nilai Terhadap Transaksi E-Commerce.
Manggala, G. D. (2020). ANALISIS PERKEMBANGAN DAN PROYEKSI PEREKONOMIAN INDONESIA DARI TAHUN 2014–2020 SE℡AH ADANYA PANDEMI CORONA. JURNAL EKONOMI DAN BISNIS (JEBSIS), 2(1), 1–5.
Mardiasmo, M. (2018). Perpajakan Edisi Terbaru 2018. Andi Publisher.
Moratis, L. (2018). Signalling responsibility? Applying signalling theory to the ISO 26000 standard for social responsibility. Sustainability, 10(11), 4172.
Muhammad, A. R. S. A. (2019). Pengaruh Terpaan Iklan Bukalapak di Televisi dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian di Situs Jual Beli online Bukalapak. [PhD Thesis]. Faculty of Social and Political Sciences.
Mulyapati, R., & Agasia, W. (2019). Perancangan Startup Bayarape. Com Payment Point Dengan Metode Pembayaran COD. ENTER, 2(1), 292–305.
Musyoki, D., & Wamuyu, F. (2017). Corporate Restructuring and Firm Value: Review of Evidence. International Journal of Business and Social Science, 8(1).
Pradana, M. (2017). Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia.
Rahayu, S. (2015). Pengaruh Tanggung Jawab Moral, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris pada KPP Pratama Klaten) [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ramadhani, G. (2003). Modul Pengenalan Internet. Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam (Http://Directory. Umm. Ac. Id/Tik/Pengenalan_internet. Pdf). Diakses Pada, 30.
Rerung, R. R. (2018). E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish.
Sa’diyah, I. (2016). Pengaruh Keadilan, Sistem Perpajakan, Diskriminasi, dan Kemungkinan Terdeteksi Kecurangan Terhadap Presepsi Wajib Pajak Mengenai Perilaku Etika Penggelapan Pajak (Tax Evasion). [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Safira, R. D. (2020). Teknologi Blockchain: Integrasi Sistem Informasi Pembayaran Dan Pelaporan Pajak Pertambahan Nilai Pada Digital Commerce [PhD Thesis]. UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Setiawan, W. (2017). Era digital dan tantangannya.
Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh kepuasan transaksi online shopping dan kepercayaan konsumen terhadap sikap serta perilaku konsumen pada e-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23–36.
Sihombing, J. S. P. (2020). REDIVASI KELEMBAGAAN OTORITAS PENERIMAAN PAJAK INDONESIA DALAM PEMBAHARUAN SISTEM HUKUM PERPAJAKAN NASIONAL YANG PROGRESIF. Jurnal Ius Constituendum, 5(1), 140–158.
Sugiyono, A. (2014). Permasalahan dan kebijakan energi saat ini. Prosiding Peluncuran Buku Outlook Energi Indonesia 2014 & Seminar Bersama BPPT Dan BKK-PI. Jakarta: Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi, 9–16.
Syahidin, Y., & Veranita, M. (2014). Penerapan Teknologi E-Commerce Dalam Bisnis Penjualan Produk Secara Online.
Utomo, M., & Maharani, E. (2013). Transaksi E-Commerce Sebagai Potensi Penerimaan Pajak Di Indonesia. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 2(1).
Valentino, F., & Wairocana, I. G. N. (2018). Potensi Perpajakan Terhadap Transaksi E-Commerce Di Indonesia. Kertha Negara: Journal Ilmu Hukum, 7(1), 1–15.
Wibowo, E. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. EQUILIBIRIA, 1(1).
Widagdo, P. B. (2018). Analisis Perkembangan E-commerce Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Wilayah di Indonesia. Tersedia Di Https://Www. Researchgate. Net/Publication/308318863_Analisis_Perkembangan_E-Commerce_Dalam_Mendorong_Pertumbuhan_Ekonomi_Wilayah_di_Indonesia [Diakses Pada Tanggal 19 November 2018].
Zahra, M. N., & Rachmawati, I. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pada Situs Web E-commerce (studi Pada Lazada Indonesia). EProceedings of Management, 6(1).
Zelt, S., Schmiedel, T., & vom Brocke, J. (2018). Understanding the nature of processes: An information-processing perspective. Business Process Management Journal.
Zhanys, A. B., & Tursinbaeva, A. F. (2018). Internet Technology in Electronic Commerce. Journal of Physics: Conference Series (См. в Книгах), 1015, 032154–032154.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jast.v1i1.2784
Article Metrics
Abstract - 5378 PDF - 3373DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jast.v1i1.2784.g2441
Refbacks
- There are currently no refbacks.