PENGARUH PENDIDIKAN, PENGALAMAN, PELATIHAN DAN INDEPENDENSI TERHADAP EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH DISELURUH INDONESIA

Dede Puspa Pujia, Kartika Djati, Amir Indra Budiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan, pengalaman, pelatihan dan independensi terhadap efektivitas system pengendalian internal pada Universitas Muhammadiyah diseluruh Indonesia. Objek pada penelitian ini adalah pegawai Lembaga Penjamin Mutu Universitas (LPMU) / Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Muhammadiyah diseluruh Indonesia yang berjumlah 57 Universitas. Model analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara simultan pendidikan, pengalaman, pelatihan dan independensi berpengaruh terhadap efektivitas system pengendalian internal. Secara parsial pendidikan berpengaruh terhadap efektivitas system pengendalian internal. Pengalaman berpengaruh terhadap efektivitas system pengendalian internal. Pelatihan berpengaruh terhadap efektivitas system pengendalian interna dan independensi tidak berpengaruh terhadap efektivitas system pengendalian internal.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jast.v2i1.5657

Article Metrics

Abstract - 627 PDF - 390

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jast.v2i1.5657.g3090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.