PENGARUH PROFITABILITAS, TINGKAT UTANG DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN

Imas Kismanah, Kimsen Kimsen, Muhammad Dyno Ramadhan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, tingkat utang dan biaya operasional terhadap pajak penghasilan badan pada perusahaan manufaktur subsektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode waktu penelitian yang digunakan adalah 4 tahun yaitu periode 2015-2018. Populasi penelitian ini meliputi seluruh perusahaan manufaktur subsektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh 9 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah analisis model regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan biaya operasional berpengaruh positif signifikan terhadap pajak penghasilan badan, sedangkan tingkat utang tidak berpengaruh terhadap pajak penghasilan badan dan profitabilitas, tingkat utang dan biaya operasional secara bersama-sama berpengaruh terhadap pajak penghasilan badan.


Full Text:

PDF

References


Firdiansyah M, A., Sudarmanto, Ernandhi, F., & Haqi. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Biaya Operasional Terhadap Beban Pajak Penghasilan Badan Terutang Pada Perusahaan Perdagangan Eceran Yang Terdaftar BEI. Universitas Pakuan. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Akuntansi, (Vol. 5). No. 5.

Hardiyanti, S. (2018). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tingkat Hutang Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Effective Tax Rate Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Subsektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

Hery.(2016). Mengenal dan Memahami Dasar-Dasar Laporan Keuangan. Jakarta : Grasindo

Nabila, V. (2016). Pengaruh Struktur Modal dan Tax Planning Terhadap Pajak Penghasilan Badan Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2011. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jurnal Digital Repository.

Oktavianti., & Wati. (2014). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Intelectual Capital. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. (Vol. 3), No.5.

PT. Bursa Efek Indonesia. (n.d.). Retrieved May 07, 2019, from https://www.idx.co.id/

Republik Indonesia. 2008. Undang- Undang Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Salamah, A. A., & Maria, G. W. E. N. P., & Kumara, Y.da (2016) Pengaruh Profitabilitas Dan Biaya Operasional Terhadap Pajak Penghasilan Badan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014). IOSR Journal of Economic and Finance.(Vol.3), No.1.

Wicaksono, M. A. (2017). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan biaya Operasional Terhadap pjak Penghasilan Badan Tahun Pajak 2015 (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat). Program Pascasarjana Universitas Terbuka Jakarta.

Yunika, E. (2017). Analisis Ukuran Perusahaan, Tingkat Hutang dan Profitabilitas Terhadap Tarif Pajak Efektif Pada Perusahaan Subsektor Industri Rokok Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Diponegoro. Jurnal Pada Jurusan Akuntansi.

Yunus, N.(2018). Pengaruh Tingkat Utang Terhadap Beban Pajak Pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Peiode 2007-2012. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jast.v2i1.5660

Article Metrics

Abstract - 1954 PDF - 1280

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jast.v2i1.5660.g3091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.