Pengaruh Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham (Study Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 -2022)

Dede Puspa Pujia, Suparman Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018 sampai dengan 2022.

Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder dengan populasi perusahaan manufaktur dan metode pengambilan sample menggunakan Purposive Sampling. Perusahaan yang sesuai dengan kriteria sebanyak 14 perusahaan. Metode analisa data menggunakan Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS Versi 22.

Hasil dari penelitian ini menunjukan variabel Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) secara simultan berpengaruh terhadap Harga Saham. Sedangkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji-t) menunjukan Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh terhadap Harga Saham. Namun untuk variable Earning Per Share (EPS) berpengaruh terhadap Harga Saham.

Keywords: Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jast.v2i2.6974

Article Metrics

Abstract - 1066 PDF - 900

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jast.v2i2.6974.g3629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.