PENGARUH HARGA TIKET DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API RAILINK (STUDI KASUS RUTE BATU CEPER-MANGGARAI)

Fiqri Haikal, Silfiana Dian Lestari, Rella Dwi Respati

Abstract


Abstract

The aim of this research is to determine the effect of ticket prices and facilities on Railink Train passenger satisfaction, both partially and simultaneously. The effect of ticket prices on Railink Train passenger satisfaction is that Railink Train passengers have partially significant satisfaction for using the Railink Train according to the ticket price that has been paid, seen from the value of tcount 2.675 > ttable 1.665 with a significance of 0.009 < 0.05. Satisfaction with the ticket price paid is due to the price being quite affordable for an executive class train, the benefits received, suitability for the facilities and travel time. The influence of facilities on Railink Train passenger satisfaction is that Railink Train passengers have partially significant satisfaction for using the Railink Train in accordance with the facilities received, seen from the tcount value of 8.196 > ttable 1.665 with a significance of 0.000 < 0.05. Satisfaction with the facilities received. Meanwhile, the influence of ticket prices and facilities on Railink Train passenger satisfaction is that Railink Train passengers have significant simultaneous satisfaction for using the Railink Train in accordance with the ticket price and facilities. It can be seen that the significance value of 0.000 is smaller than the alpha value of 5% (0, 05), or fcount 60.233 > ftable 2.72, Railink Train passenger satisfaction with ticket prices and facilities which are jointly felt are satisfaction with punctuality, satisfaction with completeness of facilities, satisfaction with price suitability, satisfaction with departure schedules, and satisfaction with function and facility.

Keywords: Airport Railway, Facilities, Satisfaction, Ticket Prices,

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga tiket dan fasilitas terhadap kepuasan penumpang Kereta Api Railink, baik secara parsial maupun simultan. Pengaruh harga tiket terhadap kepuasan penumpang Kereta Api Railink adalah bahwa penumpang Kereta Api Railink mempunyai kepuasan secara parsial signifikan untuk menggunakan Kereta Api Railink sesuai dengan harga tiket yang telah dibayarkan, dilihat dari nilai thitung 2,675 > ttabel 1,665 dengan signifikansi 0,009 < 0,05. Kepuasan terhadap harga tiket yang dibayarkan disebabkan harga masih terbilang cukup terjangkau untuk kereta kelas eksekutif, manfaat yang diterima, kesesuaian dengan fasilitas, dan waktu perjalanan. Pengaruh fasilitas terhadap kepuasan penumpang Kereta Api Railink adalah bahwa penumpang Kereta Api Railink mempunyai kepuasan secara parsial signifikan untuk menggunakan Kereta Api Railink sesuai dengan fasilitas yang diterima, dilihat dari nilai thitung 8,196 > ttabel 1,665 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Kepuasan terhadap fasilitas yang diterima. Sedangkan pengaruh harga tiket dan fasilitas terhadap kepuasan penumpang Kereta Api Railink adalah bahwa penumpang Kereta Api Railink mempunyai kepuasan secara simultan signifikan untuk menggunakan Kereta Api Railink sesuai dengan harga tiket dan fasilitas, dilihat nilai Signifikansi 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan nilai alpha 5% (0,05), atau fhitung 60,233 > ftabel 2,72, kepuasan penumpang Kereta Api Railink terhadap harga tiket, dan fasilitas yang secara bersama-sama dirasakan yaitu kepuasan ketepatan waktu, kepuasan kelengkapan fasilitas, kepuasan kesesuaian harga, kepuasan jadwal keberangkatan, dan kepuasan fungsi dan fasilitas.

Kata kunci: Fasilitas, Harga Tiket, Kereta Api Railink, Kepuasan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adawia, P. R., Azizah, A., Endriastuty, Y., & Sugandhi, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Kereta Api Commuter Line (Studi Kasus Commuter Line Arah Cikarang Ke Jakarta Kota). Sebatik, 24(1), 87–95. https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i1.869

Andayani, W., Program, M., Manajemen, M., & Manajemen, D. J. (2010). Analisis kualitas pelayanan dan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. Analisis Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen, 13(1), 29–43.

Apriyadi, D. (2017). Analisis Pengaruh Ketepatan Waktu, Fasilitas Dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Di Stasiun Purwosari. Magistra, 29(99), 71–83. http://journal.unwidha.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/882/35%0Ahttps://ones earch.id/Record/IOS616.article-882

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59. https://doi.org/10.34127/jrlab.v8i2.292

Jaya Sakti, B., & Mahfudz. (2018). PELANGGAN (Studi pada J&T Express Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–8. http://ejournal- s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Rofiah, S. (2019). Jurnal Penelitian Transportasi Darat Ability to Pay dan Willingness to Pay Pengguna Jasa dan Efektifitas Pelayanan Kereta Bandara (Studi Kasus: Kereta Bandara Soekarno-Hatta). Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 21(2), 183–190.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA. Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2),

–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Mahalli, K., & Julien. (2013). Analisis Ability To Pay Dan Willingness To Pay Pengguna Jasa

Kereta Api Bandara Kualanamu ( Airport Railink Service ). Jurnal Ekonomi Dan

Keuangan, Vol. 2 No., 167–179.

Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap

Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 4(1), 575–584.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/11715

Triantoro, K., Hadi, S. P., Suryoko, S., Triantoro, K., Bisnis, A., Ilmu, F., Politik, I., &

Diponegoro, U. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan PelangganPengguna Jasa Kereta Api Menoreh Kelas Ekonomi Studi Kasus Pada PT . Kereta Api Indonesia DAOP IV Semarang Dra . Sri Suryoko , M . Si , Administrasi Bisnis , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Po. Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science, 1–10.


Article Metrics

Abstract - 231 PDF - 153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.