PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BUS RAPID TRANSIT TANGERANG AYO (TAYO) (Jurusan CBD Ciledug – Tangcity Mall)

Rajesha Okbush, Fajar Akbar Islamic, Sri Utami

Abstract


Abstract.

This study describes the effect of Service Quality on Bus Rapid Transit (Tayo) Customer Satisfaction. The background in this thesis is based on observations made by the author who found several indications of problems related to the services provided by PT. TNG (Tangerang Nusantara Global) about how the level of customer satisfaction with the services provided. The purpose of this research is to identify and measure the influence of service quality on Bus Rapid Transit (Tayo) customer satisfaction. The research method used is descriptive method with a quantitative approach. Data collection techniques used are questionnaires, observation, and documentation studies. The results showed that there was a significant influence with a positive direction of service quality on Bus Rapid Transit (Tyo) service satisfaction of 63.3%. This means that service quality has a high influence on Bus Rapid Transit (Tayo) customer satisfaction. The remaining 36.7% is the effect of other variables on customer satisfaction which are not discussed in this study.

Keywords: service quality, customer satisfaction

Abstrak.

Penelitian ini menggambarkan mengenai pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Bus Rapid Transit (TAYO). Latar belakang pada skripsi ini berdasarkan observasi yang dilakukan penulis yang menemukan adanya beberapa indikasi masalah yang berkaitan dengan pelayanan yang diberikan oleh PT. TNG (Tangerang Nusantara Global) tentang bagaimana tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan mengukur berapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Bus Bus Rapid Transit (TAYO) . Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dengan arah pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelayanan Bus Rapid Transit (TAYO) sebesar 63,3%. Hal ini berarti kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kepuasan pelanggan Bus Rapid Transit (TAYO). Adapun sisanya sebesar 36,7% merupakan pengaruh variabel lain terhadap kepuasan pelanggan yang tidak dibahas dalam penelitian ini

Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan


References


DAFTAR PUSTAKA

Azhari, A., Lubis, N., & Ngatno, N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Penumpang Bus Brt Trans Semarang (Studi Kasus: Penumpang Bus Brt Trans Semarang Koridor Ii). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 5(1), 94–104.

Bus, K., Transit, R., & Maminasata, B. R. T. (n.d.). 3 ) 5 ).

Cahyani, M. I., Halimah, M., & Bonti, B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Pelanggan Bus Transjakarta Pada Koridor 7 (Kp. Rambutan – Kp. Melayu). JANE - Jurnal Administrasi Negara, 14(1), 71. https://doi.org/10.24198/jane.v14i1.41267

Fadhilah, M. W., & Amalia, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bus Kota DAMRI Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Penumpang Bus Kota DAMRI Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(3), 150–162. https://jurnal.polban.ac.id/an/article/view/3254

Mutaqin, A. (2006). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Bus PO. Timbul Jaya di Wonogiri. 62. http://lib.unnes.ac.id/1506/1/2347.pdf Saraswati, M. T., Lestari, H., & ... (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Rapid Transit (Brt) Di Kota Semarang. Journal of Public Policy ....

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/31415%0Ahttps://ejournal3.

undip.ac.id/index.php/jppmr/article/download/31415/25605

Supriyanti, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Terhadap Kepuasan

Konsumen Armada Bus Transzentrum Madu Kismo Di Kabupaten Grobongan. Journal

of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Wahyuningsih, A., & Wartiningsih, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pengruh

Kepuasan Konsumenn Pengguna Trasnportasi Umum Transjakarta (Studi Kasus Pada Mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta). Epigram, 15(1), 17–26. https://doi.org/10.32722/epi.v15i1.1213


Article Metrics

Abstract - 257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.