PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BUS RAPID TRANSIT TANGERANG AYO (TAYO) (Jurusan CBD Ciledug – Tangcity Mall)
Abstract
Abstract.
This study describes the effect of Service Quality on Bus Rapid Transit (Tayo) Customer Satisfaction. The background in this thesis is based on observations made by the author who found several indications of problems related to the services provided by PT. TNG (Tangerang Nusantara Global) about how the level of customer satisfaction with the services provided. The purpose of this research is to identify and measure the influence of service quality on Bus Rapid Transit (Tayo) customer satisfaction. The research method used is descriptive method with a quantitative approach. Data collection techniques used are questionnaires, observation, and documentation studies. The results showed that there was a significant influence with a positive direction of service quality on Bus Rapid Transit (Tyo) service satisfaction of 63.3%. This means that service quality has a high influence on Bus Rapid Transit (Tayo) customer satisfaction. The remaining 36.7% is the effect of other variables on customer satisfaction which are not discussed in this study.
Keywords: service quality, customer satisfaction
Abstrak.
Penelitian ini menggambarkan mengenai pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Bus Rapid Transit (TAYO). Latar belakang pada skripsi ini berdasarkan observasi yang dilakukan penulis yang menemukan adanya beberapa indikasi masalah yang berkaitan dengan pelayanan yang diberikan oleh PT. TNG (Tangerang Nusantara Global) tentang bagaimana tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan mengukur berapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Bus Bus Rapid Transit (TAYO) . Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dengan arah pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelayanan Bus Rapid Transit (TAYO) sebesar 63,3%. Hal ini berarti kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kepuasan pelanggan Bus Rapid Transit (TAYO). Adapun sisanya sebesar 36,7% merupakan pengaruh variabel lain terhadap kepuasan pelanggan yang tidak dibahas dalam penelitian ini
Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
References
DAFTAR PUSTAKA
Azhari, A., Lubis, N., & Ngatno, N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Penumpang Bus Brt Trans Semarang (Studi Kasus: Penumpang Bus Brt Trans Semarang Koridor Ii). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 5(1), 94–104.
Bus, K., Transit, R., & Maminasata, B. R. T. (n.d.). 3 ) 5 ).
Cahyani, M. I., Halimah, M., & Bonti, B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Pelanggan Bus Transjakarta Pada Koridor 7 (Kp. Rambutan – Kp. Melayu). JANE - Jurnal Administrasi Negara, 14(1), 71. https://doi.org/10.24198/jane.v14i1.41267
Fadhilah, M. W., & Amalia, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bus Kota DAMRI Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Penumpang Bus Kota DAMRI Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(3), 150–162. https://jurnal.polban.ac.id/an/article/view/3254
Mutaqin, A. (2006). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Bus PO. Timbul Jaya di Wonogiri. 62. http://lib.unnes.ac.id/1506/1/2347.pdf Saraswati, M. T., Lestari, H., & ... (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Rapid Transit (Brt) Di Kota Semarang. Journal of Public Policy ....
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/31415%0Ahttps://ejournal3.
undip.ac.id/index.php/jppmr/article/download/31415/25605
Supriyanti, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Terhadap Kepuasan
Konsumen Armada Bus Transzentrum Madu Kismo Di Kabupaten Grobongan. Journal
of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Wahyuningsih, A., & Wartiningsih, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pengruh
Kepuasan Konsumenn Pengguna Trasnportasi Umum Transjakarta (Studi Kasus Pada Mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta). Epigram, 15(1), 17–26. https://doi.org/10.32722/epi.v15i1.1213
Article Metrics
Abstract - 257Refbacks
- There are currently no refbacks.