Pengaruh on Time Performance (OTP) terhadap Peningkatan Seat Load Factor (SLF) di PT Garuda Indonesia Periode 2016-2019

Toto Sugiarto, Dafa Fazri

Abstract


On Time Performance (OTP) sebagai salah satu strategi untuk menjadi daya tarik para pengguna jasa dalam memilih jasa penerbangan PT. Garuda Indonesia di samping strategi lainnya seperti pemberian pelayanan yang prima sebelum, saat penerbangan dan setelah penerbangan (pre flight, inflight dan post flight service ) . Untuk itu perusahaan penerbangan perlu terus meningkatkan OTP sebaik mungkin agar citra perusahaan tetap baik dimata para pengguna jasa penerbangan. OTP bisa  menunjang peningkatan seat load factor (SLF) berdasarkan hasil penelitian dengan menganalisa  data OTP dan SLF pada penerbangan domestik periode 2016 sampai dengan 2019 dengan   mengabaikan faktor eksternal dan menggunakan rumus  analisa regresi dan korelasi maka terdapat hubungan yang kuat antara OTP dengan SLF. Hubungan yang kuat ditandai dengan nilai korelasi  sebesar 0.82 yang hampir mendekati angka 1. Dengan angka 0.82 menunjukkan bahwa  strategi peningkatan OTP bisa berkontribusi sebesar 67.3%  untuk meningkatkan SLF

Kata Kunci:  OTP, Seat Load Factor, Strategi Marketing

 

ABSTRACT

On Time Performance (OTP) as one of the strategies to attract customer in choosing PT. Garuda Indonesia beside to other strategies such as providing service excellent starting from pre flight, inflight and post flight. For this reason, airlines need to continue to improve OTP as best as possible so that the company's image remains good in the customer's mind. OTP can support to increase seat load factor (SLF) based on research results by analyzing OTP and SLF data on domestic flights for the period 2016 to 2019 by ignoring external factors and using regresi and correlation analysis formulas, so there is a strong relationship between OTP and SLF. A strong relationship is characterized by a correlation value of 0.82 which is almost close to 1. With a figure of 0.82, it shows that the OTP improvement strategy can contribute 67.3% to increasing SLF

Keywords: On time performance , seat load factor, marketing strategi (maximum 300 words, Arial Narrow, 12 pt, single space, hanging paragraph)


Full Text:

PDF

References


F. Banfe, Charles. (1992), Airline Management : Prentice Hal

J. Staton, William, dan Sundaru, Sadu (Penterjemah ). (1986), Prinsip Pemasaran , Erlangga

Kotler, Philip. (1984), Marketing Management, Analysis, Planning, Implementation and Control 8th Edition : Prentice Hall

Maleong, Lexy. (1990), Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung : Tarsito

Nasution, H. M. N. (1995), Manajemen Transportasi : Ghalia Indonesia

Pawitra. (1996), Marketing Jasa

Sundaru, Sadu. (1986), Prinsip Pemasaran : Erlangga

Singarimbun, Masri. (1989 ), Metodologi Penelitian Survei, Jakarta : LP3ES

Salim, Abbas, Manajemen Transportasi, Edisi 1 : PT. Raja Grafindo Persada

Suryabrata, Sumadi. (1983), Metodologi Penelitian, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Swasta DH, Basu. (1984), Asas-Asas Marketing, Yogyakarta:Liberty


Article Metrics

Abstract - 1675 PDF - 506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.