Pengaruh on Time Performance (OTP) terhadap Peningkatan Seat Load Factor (SLF) di PT Garuda Indonesia Periode 2016-2019
Abstract
On Time Performance (OTP) sebagai salah satu strategi untuk menjadi daya tarik para pengguna jasa dalam memilih jasa penerbangan PT. Garuda Indonesia di samping strategi lainnya seperti pemberian pelayanan yang prima sebelum, saat penerbangan dan setelah penerbangan (pre flight, inflight dan post flight service ) . Untuk itu perusahaan penerbangan perlu terus meningkatkan OTP sebaik mungkin agar citra perusahaan tetap baik dimata para pengguna jasa penerbangan. OTP bisa menunjang peningkatan seat load factor (SLF) berdasarkan hasil penelitian dengan menganalisa data OTP dan SLF pada penerbangan domestik periode 2016 sampai dengan 2019 dengan mengabaikan faktor eksternal dan menggunakan rumus analisa regresi dan korelasi maka terdapat hubungan yang kuat antara OTP dengan SLF. Hubungan yang kuat ditandai dengan nilai korelasi sebesar 0.82 yang hampir mendekati angka 1. Dengan angka 0.82 menunjukkan bahwa strategi peningkatan OTP bisa berkontribusi sebesar 67.3% untuk meningkatkan SLF
Kata Kunci: OTP, Seat Load Factor, Strategi Marketing
ABSTRACT
On Time Performance (OTP) as one of the strategies to attract customer in choosing PT. Garuda Indonesia beside to other strategies such as providing service excellent starting from pre flight, inflight and post flight. For this reason, airlines need to continue to improve OTP as best as possible so that the company's image remains good in the customer's mind. OTP can support to increase seat load factor (SLF) based on research results by analyzing OTP and SLF data on domestic flights for the period 2016 to 2019 by ignoring external factors and using regresi and correlation analysis formulas, so there is a strong relationship between OTP and SLF. A strong relationship is characterized by a correlation value of 0.82 which is almost close to 1. With a figure of 0.82, it shows that the OTP improvement strategy can contribute 67.3% to increasing SLF
Keywords: On time performance , seat load factor, marketing strategi (maximum 300 words, Arial Narrow, 12 pt, single space, hanging paragraph)
Full Text:
PDFReferences
F. Banfe, Charles. (1992), Airline Management : Prentice Hal
J. Staton, William, dan Sundaru, Sadu (Penterjemah ). (1986), Prinsip Pemasaran , Erlangga
Kotler, Philip. (1984), Marketing Management, Analysis, Planning, Implementation and Control 8th Edition : Prentice Hall
Maleong, Lexy. (1990), Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung : Tarsito
Nasution, H. M. N. (1995), Manajemen Transportasi : Ghalia Indonesia
Pawitra. (1996), Marketing Jasa
Sundaru, Sadu. (1986), Prinsip Pemasaran : Erlangga
Singarimbun, Masri. (1989 ), Metodologi Penelitian Survei, Jakarta : LP3ES
Salim, Abbas, Manajemen Transportasi, Edisi 1 : PT. Raja Grafindo Persada
Suryabrata, Sumadi. (1983), Metodologi Penelitian, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Swasta DH, Basu. (1984), Asas-Asas Marketing, Yogyakarta:Liberty
Article Metrics
Abstract - 1675 PDF - 506Refbacks
- There are currently no refbacks.