Strategi Pemasaran PT. Garuda Indonesia pada Pasar Domestik (Studi Kasus Rute Jakarta – Makasar)

Setyasnomo Setyasnomo, Chalida Zulfia

Abstract


Dibukanya rute penerbangan domestik bagi maskapai lain, mengakibatkan tingkat kompetisi di bidang jasa transportasi udara menjadi semakin ketat. Pertumbuhan pasar yang besar (rata-rata 10% pertahun) sangat menunjang tumbuh dan berkembangnya industri penerbangan. Fokus terutama adalah kawasan Asia Pacific yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat dan merupakan target pasar yang sangat potensial di masa-masa yang akan datang. PT. Garuda Indonesia sebagai perusahaan penerbangan nasional yang mempunyai pangsa pasar terbesar di rute-rute domestik harus mulai memperhatikan dan menyadari keadaan tersebut. Bila tidak, bukan tidak mungkin kedudukan Garuda akan digeser oleh perusahaan lain. Oleh karena itu, PT. Garuda Indonesia harus mulai merumuskan kembali strategi pemasarannya untuk mempertahankan pangsa pasarnya dan bahkan meraih kembali pangsa pasar yang telah hilang. Di samping itu, PT. Garuda Indonesia sebagai flag carrier harus berperan sebagai agent of development bagi kemajuan dan perkembangan perekonomian Indonesia. Salah satu kebijakan yang harus dipertimbangkan adalah strategi pemasaran untuk pasar domestik, karena rute domestik mempunyai peranan penting dalam rangka memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Garuda. Rute Jakarta-Makasar selain mempunyai kontribusi yang tidak kecil terhadap Garuda Indonesia, juga mempunyai misi untuk membangun wilayah Indonesia timur.

Kata kunci : Rute Domestik, Jakarta-Makasar, Garuda Indonesia

 

Abstract

The opening of domestik flight routes for other airline  has resulted in the level of competition in the field of air transportation services becoming tighter. The large marker growth (an average of 10% per year) greatly supports the growth and development of the aviation industry. The focus is mainly on the Asia Pacific region which is experiencing rapid economic growth and is a very potential target market in the future. PT.Garuda Indonesoa as a national airline that has the largest market share in domestik routes must start paying attention and be aware of this situation. If not, it is not imposible tha Garuda’s position will be shifted by another company. Therefore, PT. Garuda Indonesia must begin to reformulate its marketing strategy to maintain its market share and even regain market that has been lost. Inaddition, PT. Garuda Indonesia as the flag carrier must act as an agent of development of the Indonesian economy. One of the policies that must me considered is the marketing strategy for domestik market, because domestik routes have an importang role in making a sizeable contribution to Garuda. Apart from having a significant contribution to Garuda Indonesia, the Jakarta-Makasar route also has a misiion to developed eastern Indonesia.

Keyword : Domestik Route, Jakarta-Makasar, Garuda Indonesia.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract - 12194 PDF - 2863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.