MEDIA PEMBELAJARAN POHON KLASIFIKASI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Zaharah Zaharah, Tri harjawati, Imam Wahyudi, Cut dhien nurwahidah

Abstract


Peningkatan hasil belajar IPS mata pelajaran geografi penggunaan Pohon Klasifikasi, metode pembelajaran Cooperative learning dan Jigsaw, teknik yang digunakan adalah kelompok diskusi dalam IIS B kelas XI di 58 Sekolah Menengah Atas Negeri Jakarta. Dapat disimpulkan menurut data analitik dari Post Test Cycle I dengan median 72, 0588 atau 72%, dengan kategori Sukses atau Tidak Sukses, pada Siklus II dengan median 85, 2941 atau 85, 2%, dengan Bagus/kategori Sangat Sukses. Dengan demikian, nilai rata-rata memenuhi nilai standar KKM ditetapkan menjadi 75. Berdasarkan ini; dapat dikatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan metode Klasifikasi Pohon.

Full Text:

PDF

References


David Yoga Hardiyanto, “Penerapan Mind Mapping Sebagai Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sengre Kabupaten Pekalongan..”, Skripsi Universitas Negeri Semarang, (Semarang, 2016)

Reni Tri Rahayu, “Meningkatkan Daya Ingat Melalui Penggunaan Media Mind Mapping Pada Anak Kelompok BI TK LKMD Sinosare Bangutapan.”, Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, (Yogyakarta, 2014)

Wendri Wiratsiwi, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Permainan Pohon Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV Al-Hadad Singgahan Tuban.”, Skripsi Universitas Ranggolawe Tuban, (Tuban, 2016)

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, Ed. Revisi, Cet. 9, 2009.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet. 15, 2013.

Dirjen Pendidikan Islam, Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan, Jakarta: Depag, 2006.

Hermawan, Iwan, Geografi: Sebuah Pengantar, Bandung: Private Publishing, 2009.

Indriana, Dina, Ragam Alat Bantu Media Pengajaran, Jogjakarta: Diva Press, 2011.

Iskandarwassid dan Dadang Suhendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. 4, 2013.

Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran; sebuah pendekatan baru, Jakarta: GP Press Group, Ed. Revisi, 2013.

Rudi Susilana dan Cepi Riyana, Media Pembelajaran: Hakikat Pengemba-ngan, Pemanfaatan, dan Penilaian, Bandung: CV Wacana Prima, 2009.

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembang-kan Profesionalisme Abad 21, Bandung: Alfabeta, 2013.

Sudirman, Arief S. (dkk), Media Pendidikan pengertian, pengemba-ngan dan pemanfaatannya, Jakarta: RajaGraindo Persada, Cet. 1, 2010.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. 14, 2009.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. 17, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: IKAPI, Cet. 8, 2009.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara, Cet. 11, 2012.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. 4, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i1.1373

Article Metrics

Abstract - 692 PDF - 772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang