PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK

Milana Abdillah Subarkah

Abstract


Perkembangan media dan tekhnologi menjadi tantangan terhadap perkembangan anak. Banyak dampak negatif yaitu dapat mengganggu kesehatan, dapat mengganggu perkembangan anak, rawan terhadap tindakan kejahatan, dapat mempengaruhi perilaku anak, sulit konsentrasi terhadap dunia nyata, terganggunya fungsi otak pada anak (Pre Frontal Cortex), dan dapat ketergantungan terhadap gadget (Introvert). Sangat penting peran orang tua untuk mengawasi, mengontrol dan memperhatikan segala aktivitas anak untuk melihat perkembangan anak yang lebih baik.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. Al-wiyah, . 1999. Cara Baru Mendidikan Anak Sejak dalam Kandungan, Bandung: Kaifa.

Anggrahini, S. A, 2013. Dinamika Komunikasi Keluarga Pengguna Gadget., Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Yogyakarta: Disertasi.

Departemen Pendidikan Nasional, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.

Gunarti. Winda, dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka.

Haryono, M.H, 1999. Pengalaman Pembinaan Anak Usia Prasekolah, Desa Dalam Program Bina Anaprasa: Surabaya.

Hidayat. Syarief, 2002.”Pengembangan Anak Dini Usia: Memerlukan Keutuhan”, Bulletin Padu, Edisi Perdana, Direktorat Jendral Pendidikan Luar Sekolah, Jakarta:Depdiknas.

Hurlock, Elizabeth B., 1993, Perkembangan Anak, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Jalal. Fasli, 2002. Direktur Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda Departemen Pendidikan Nasional, disampaikan pada acara Orientasi Tehnis Proyek Pengembangan Anak Dini Usia.

Jonathan, dkk, 2015. Perancangan Board Game Mengenai Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Anak, Surabaya: Universitas Kristen Pertra Surabaya.

Lily I Rilantono, 2002. Ketua YKAI Pusat dan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, disampaikan pada Orientasi Tehnis Pelaksanaan PADU tingkat Nasional.

Novitasari, Wahyu, 2016, Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak, Surabaya: Disertasi, Universitas Negeri Surabaya.

Padmonodewo. Soemiarti, 2003. Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Rahman, U, 2009. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Lentera Pendidikan., Vol 12.

Shochib, Moh, 1998. Pola Asuh Orang Tua: dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, Jakarta: Rineka Cipta.

Suparno. Paul, 2002.Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius.

Supartini, Y, 2004. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak, Jakarta: EGC.

Susanto, Ahmad, 2012, Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Tridhonanto, Al dan Beranda Agency, 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis, (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo).

Utami Munandar, 2010. Aspek Psikologi dan Penerapannya, Analisis Pendidikan Departemen P&K, Jakarta:Balai Pustaka.

Widiawati, 2014, Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Article Metrics

Abstract - 50331 PDF - 47989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang