REFLEKSI PENDIDIKAN FILSAFAT IDEALISME

Ali Mubin

Abstract


Abstrak:

Filsafat Idealisme Plato menekankan pentingnya keunggulan pikiran (mind), roh (soul) atau jiwa (spirit) daripada hal-hal yang bersifat kebendaan atau material. Pokok pikiran filsafat Idealisme terdiri dari bahasan metafisika, epistimologi dan aksiologi. Bahwa refleksi pendidikan filsafat idealisme dalam praktek pendidikan yakni terlaksananya proses pendidikan dengan mendasarkan formulasi yang bertujuan untuk membentuk karakter, mengembangkan bakat atau kemampuan dasar, serta kebaikan sosial, kurikulum pendidikan ke arah pengembangan kemampuan nalar secara rasional dan pendidikan praktis, metode merupakan kunci bermain dalam mendidik dan yang diutamakan oleh idealisme adalah metode socratik/dialektika, peserta didik bebas untuk mengembangkan kepribadian, bakat dan kemampuan dasarnya, pendidik bertanggung jawab dalam menciptakan lingkungan pendidikan melalui kerja sama dengan lingkungan, peserta didik dan alam.

 

Kata kunci: Pendidikan, Filsafat, Idealisme.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Barnadib, Imam, Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: Adicita, 2002.

Iannone, A. Pablo, Dictionary Of World Phylosophy, London & New York: Routledge, 2001.

Jumali, M dkk, Landasan Pendidikan, Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2008.

Kartanegara, Mulyadhi, Menembus Batas Waktu, Panorama Filsafat Islam, Sebuah Refleksi Autobiografis, Bandung: Mizan, 2005.

Kneller, George F. Introduction to the Philosophy of Education, New York: Publishing John Wiley& Sons, 1991.

Knight, George R. Filsafat Pendidikan (terj), Yogyakarta: Gama Media, 2007.

Long, Wilbur, Idealism, dalam Dagobert D. Runes, The Dictionary of Phylosophy, New York: Phylosophical Library, tt.

Mantra, Ida Bagoes Filsafat Penelitian& Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Ornstein, Allan C & Daniel U, An Introduction To The foundations of Education, Boston: Houghton Mifflin Company,1985.

Rachman, Nur. Fungsi Guru dalam Aliran Idealism dalam http//nurrachman-ceper.blogspot.com/2010, diunggah pada 3 Mei 2010.

Russel, Betrand Sejarah Filsafat Barat; Kaitannya dengan Kondisi Zaman Kuno Hingga Sekarang (terj), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Sadulloh,U, Pengantar Filsafat pendidikan, Bandung: Alpabeta, 2007.

Suriasumantri, Jujun S. Ilmu Dalam Perspektif, Jakarta: PT Gramedia, 1982.

Syaripudin, Tatang, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Percikan Ilmu, 2008.

Rasyidin, Waini, Filsafat Pendidikan (dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan), Bandung: Pedagogiana Press, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i2.1801

Article Metrics

Abstract - 514 PDF - 954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang