MENGAJAR DENGAN KASIH SAYANG
Abstract
Abstrak:
Manusia sebagai makhluq yang terlahir dan belum mengetahui apa-apa dibekali Allah swt. dengan beragam potensi. Potensi-potensi tersebut kemudian digunakan membantunya untuk menjawab apa yang belum diketahuinya. Ihktiyar yang ditempuh manusia untuk mewujudkannya dengan proses pendidikan. Sebagai makhluq yang menyukai keharmonisan, mendidik manusia membutuhkan metodik khusus. Lalu bagaimana semestinya yang dibutuhkan dalam mendidiknya?. Pada dasarnya mendidik manusia diperlukan adanya sikap kasih sayang kepadanya. Karena cita-cita luhur yang dibutuhkan tidak hanya persoalan kedewasaan dan pengetahuan yang tinggi namun tetap mengutamakan keluhuran akhlak baginya. Mendidik dengan kasih sayang menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.
Kata Kunci: Manusia, Pendidikan, Rahmat
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid Khon, Hadis Tarbawi, Hadis-hadis Pendidikan, Kencana, Jakarta: 2012
Abi al-Qasim Abd al-Karim ibn Hawazin Ibn Abd al-Malik al-Qusyairi, Tafsir al-Qusyairi, Dar al-Kutub al-Ilmiyyah: Bairut, 2007.
Abuddin Nata, Tafsir Ayat-ayat Pendidikan (Tafsir al-Ayat al-Tarbawy, Rajawali Press: Jakarta, 2014.
Ahmad Musthafa al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi, Maktabah Musthafa al-Bab al-Hilmi: Mesir, 1946.
Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam, Remaja Rosda Karya: Bandung, 2006.
___________, Filsafat Pendidikan Islam, Remaja Rosda Karya: Bandung, 2006.
___________, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Remaja Rosda Karya: Banudng, 2007.
Ary Ginanjar Agustian, ESQ, Emotional, Spiritual Quotient, The ESQ Way 165, Jakarta: Arga Tilanta.
Ashim Ibrahim Al-Kayyali, Al-Hikam Ibn ‘Atha’ilah, Ulasan Singkat Memikat, terj. M. Tatam Wijaya, Qaf: Jakarta, 2018.
Eneng Muslihah, Ilmu Pendidikan Islam, Diadit Media: Jakarta, 2010.
Ibnu Miskawaih, Menuju Kesempurnaan Akhlaq, terj. Helmi Hidayat, Mizan: Bandung, 1998.
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Kementerian Agama RI: Jakarta, 2012
M. Quraish Shihab, Yang Hilang dari Kita: Akhlak, Lentera Hati: Jakarta, 2019
_______________, Tafsir Al-Misbah, Lentera Hari: Jakarta, 2005
_______________, Kaidah Tafsir, Lentera Hati: Jakarta, 2015
_______________, Membumikan Al-Qur’an, Mizan: Bandung, 2007.Al-
_______________, Menabur Pesan Ilahi, Lentera Hati: Jakarta, 2006.
Muhaimini, et.al, Paradigma Pendidikan Islam, Remaja Rosda Karya,: Bandung, 2004.
Muhammad Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha, Tafsir Al-Manar, Dar al-Manar, Mesir, 1947
Muhammad Ali Al-Shabuni, Tafsir Ayat al-Ahkam min Al-Qur’an, Dar al-Qur’an Al-Karim: Bairut, 1999
Muhammad Taqi al-Din al-Hilali dan Muhammad Muhsin Khan, The Noble Qur’an In the English Language, King Fahd Complex the Printing of the Holy Qur’an: Madinah, tt, hal. 1
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Rajawali Press: Jakarta, 2003.
____________, Psikologi Pendidikan, Remaja Risda karya: Bandung, 1995.
Nashr al-Din Abu Sa’id al- Baidhawi, Tafsir Anwar al-Tanzil wa Asrar al-Ta’wil, Dar al-Rasyid: Bairut, 2000.
Syihab al-Din Sayyid Mahmud al-Alusi al-Baghdadi, Ruh al-Ma’ani, Ihya al-Turats al-‘Arabi: Bairut, tt.
Thabari, Tafsir al-Thabari, Maktabah Ibnu Taimiyah, ttp.
Umar Tirtahardja dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Penerbit Rineka Cipta: Jakarta, 2008.
Wahbah Zuhaili, Tafsir al-Munir, Dar al-Fikr: Damaskus, 2009, cet. ke-10, jil. I, hal. 142.
Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikann Islam, Bumi Aksara: Jakarta, 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i2.1806
Article Metrics
Abstract - 2697 PDF - 2316Refbacks
- There are currently no refbacks.
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 | e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang