PENDIDIKAN AKHLAK BERWAWASAN INTEGRATIF INKLUSIF

muhammad Syafiqurrohman

Abstract


Abstrak

Pendidikan akhlak berwawasan integratif-inklusif dapat dimaknai sebagai suatu rumusan proses pendidikan akhlak yang dilakukan secara luas dan holistik. Materi pendidikan akhlak dapat bersinergi dengan seluruh mata pelajaran, dapat bersinergi dengan budaya sekolah, kegiatan estrakulikuler serta bersinergi dengan komunitas. Dikatakan struktur keilmuan integratif bukan berarti antara berbagai ilmu tersebut dilebur menjadi satu bentuk ilmu yang identik, melainkan karakter, corak, dan hakikat antara ilmu tersebut terpadu dalam kesatuan dimensi material spiritual, akal-wahyu, ilmu umum ilmu agama, jasmani-ruhani, dan dunia akhirat.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Rachmat Djatnika, Sistem Ethika Islami, (Jakarta: Pustaka Panjimas, 1992)

Yunahar Ilyas, Kuliah Akhlaq, (Yogyakarta: Lembaga Pengkajian Dan Pengalaman Islam, 2002)

Ahmad Royani, Pendidikan Akhlak Aplikatif Integratif Di Sekolah, Dalam Jurnal Fenomena, Vol. 14 No. 1 April 2015

Nasri Kurnialoh, Pendidikan Agama Islam Berwawasan Inklusif-Pluralis, Dalam Jurnal Insania Vol.186, No. 03, September-Desember,

Siti Mutma’inah, Pendekatan Integratif:Tinjauan Paradigmatif Dan Implementatif Dalam Pembelajaran Fikih Di Madrasah Ibtidaiyah, Dalam Jurnal Elementari Vol. 5 / No. 2 / Juli-Desember 2017,

https//: www.aladokter.com/13-manfaat-memberikan-asi-eksklusif.html di akses pada 20 November 2019 pada jam 01.00.

https//:www.hellosehat.com/kehamilan/perkembangan/-janin/ikatan-batin-ibu-anak/di akses pada 20 November 2019 pada jam 01.00.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v16i1.2427

Article Metrics

Abstract - 582 PDF - 911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


Rausyan Fikr Stats