MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN PERPSEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Al Irsyadiyah

Abstract


Abstrak

Manajemen dapat diartikan sebagai pengelolaan, ketatalaksanaan dan penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran yang diinginkan. Beberapa hal yang harus dicermati dalam manajemen mutu pendidikan Islam: Perbaikan Terus Menerus, Menetapkan Standar Mutu, Organisasi yang berubah. Peningkatan mutu dilakukan secara menyeluruh. berdasarkan ukuran, kadar, ketentuan dan penilaian tentang kualitas sesuatu barang maupun jasa (produk) sesuai dengan kepuasan pelanggan. Pemanfaatan dilakukan melalui kerjasama secara efektif, efisien, dan produktif untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan baik di dunia maupun di akhirat.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam; Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010, cet. II

Abd. Rachman Assegaf, Filsafat Pendidikan Islam; Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011

Ara Hidayat dan Imam Machali, pengelolaan pendidikan Konsep, Prinsip dan Aplikasi Dlama Pengelolaan sekolah Madrasah. Yogyakarta: Kaukaba, 2012.

Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam; Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010

A. Rusdiana, Karakteristik, Strategi, Dan Petunjuk Penerapan Inovasi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia. 2014

Aulia Reza Bastian, Reformasi Pendidikan: Langkah-langkah Pembaharuan dan Pemberdayaan Pendidikan Dalam Rangka Desentralisasi Sistem Pendidikan Indonesia, Yogyakarta: Lapera Pustaka Utama, 2002

Bourke D. Piper. Quality Management in Universities Canberra: Australian Government Publishing Service, 2003

Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana. Total Quality Management, Yogyakarta: Penerbit Andi 2001

Jerry H. Makawimbang, Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: CV Alfabeta, 2011

Jerome S. Arcaro. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan Data Tata Langkah Penerapan Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Qur’an; Tafsir Maudlu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 1996.

Mulyono. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2008.

Muhammad Elyasin dan Nanik Nurhati. Manajemen Pendidikan Islam Yogyakarta Adiya Media Publishing, 2012.

Oemar Hamalik. Manajemen Pengem-bangan Kurikulum Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.

Plus Partanto dan Dahlan Albari. Kamus Ilmiah Popular, Surabaya: Arloka, 2010.

Pierre M. Campanella dan C. N. Simar., Definition of Quality of Service, New York: SeQuin the National Research & Education Network, 2001

Sukarno, Budaya Politik Pesantren Perspektif Interaksionisme Simbolik, Yogyakarta: Interpena, 2012

Vincent A. Zeithami dan Jims M. Bitner. Service Marketing, New York: McGraw-Hill, 2011

Sallis, E. Jones. Knowledge Management in Education, (London: Kogan Page Limited), 2012.

Sudjana. Manajemen Program Pendidikan Bandung: Falah Production, 2004.

Umedi. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah/madrasah MMBS. Jakarta: Pusat Kajian Mutu Pendidikan) 2004.

Tjiptono, Fandi dan Diana Anastasia. Total Quality Management, Yogjakarta: Andi Offset, 2011.

Zian Farodis, Panduan Manajemen Pendidikan ala Harvard University, Yogyakarta: Diva Press, 2011

Zamroni, Dinamika Peningkatan Mutu, Yogyakarta: Gavin Kalam Utama, 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v16i1.2459

Article Metrics

Abstract - 563 PDF - 1623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang