MODERNISASI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-GHOZALI BOGOR

Indra Lesmana, Ahmad Haromaini, Hatta Raharja

Abstract


Abstrak

Kemajuan zaman sangat berpengaruh terhadap sistem dan model pendidikan. Perubahan dan pengembangan sistem pendidikan pesantren yang semakin lama semakin terbuka dengan pola dari luar, untuk menjawab tuntutan zaman. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menjawab permasalahan: Apakah kebijakan Pondok Pesantren Modern al-Ghozali Bogor sesuai dengan kebutuhan pendidikan sekarang dan bagaimana Pondok Pesantren Modern al-Ghozali Bogor. Penulis menganalisis mengenai Pondok Pesantren Modern al-Ghozali. Hasil penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren al-Ghozali Bogor meliputi pengembangan aspek kependidikan dengan memasukkan pelajaran umum di pesantren, memadukan dua sistem pendidikan tradisional dan modern, dan manajemen pesantren. Modernisasi yang dilakukan menjadikan pondok pesantren dapat melahirkan generasi sumber daya manusia yang memadai dalam menyikapi perkembangan zaman.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmadi, Islam, Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, (Yogyakarta: Aditia Media, 1992).

Akhdhiyat Hendra, Saebani, B M, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2012).

Arifin, Kepemimpinan Kiai: Kasus Pondok Tebuireng, (Malang: Kalimasahada Press, 1993).

Arifin, Muzayyin. Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).

Assegaf, A, R. Politik Pendidikan Nasional, (Yogyakarta: Kurnia Kalam, 2005)

Berg, C. C. Wither Islam? A Survey of Modern Movement in the Modern World, (London: Tanpa Penerbit, 1932).

B. N, Tiwani, Chatuverdi, M, A. A Practical Hindu-English Dictionary, (Delhi: Rashtra Printers, 1970).

Depag, RI. Pondok Pesantren dan Madrasa Diniyah: Pertumbuhan dan Perkembangannya, (Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Islam, 2003).

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiai, (Jakarta: LP3ES, 1994).

Drajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1992).

Efendi, Nur. Manajemen Perubahan di Pondok Pesantren, (Yogyakarta: Teras, 2014).

Hawi, Akmal. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, (Raja Grafindo Persada, 2013).

Haromaini, Ahmad, Manusia dan Keharusan Mencari Tahu, Jurnal Pelita, Vol. XVIII. No. 2 Juli-Desember 2018, h. 193. p-ISSN:1907-5693.

Haromaini, Ahmad, Mengajar Dengan Kasih sayang, Jurnal Rausyan Fikr, Vol. 15 No. 2 September 2019, ISSN.1979-0074 e-ISSN.9 772580594187.

John, Anthony. Indonesia the Making of a Culture (Canberra: R.S.P.S., A.N.U, 1980)

Kompri, Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2018)

Kompri, Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2018).

Madjid, Nurcholis. Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, (Jakarta: Paramadina, 1997).

Makin, Baharudin. Pendidikan Humanistik, (Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017)

Martin Van Bruinessen, Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat, (Yogyakarta: Gading Publishing, 2012).

Nata, Abudin. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2009)

Qomar, Mujamil. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi Institusi, (Jakarta: Erlangga, 2005).

Rahardjo, Dawam. Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah, (Jakarta: P3M, 1985).

Syarifuddin, Farchan Hamdan. Titik Tengkar Pesantren: Resolusi Konflik Masyarakat Pesantren, (Yogyakarta: Pilar Media, 2005).

Takdir, Mohammad. Modernisasi Kurikulum Pesantren, (Yogyakarta: IRCiSoD, 2018)

Utama, Arya, M, I. Hukum Lingkungan, (T.pt.: Pustaka Sutra, t.t).

Yasid, Abu. Paradigma Baru Pesantren (Yogyakarta: IRCiSoD, 2018).

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Hidakarya Agung, 1985).

Zamakhsyari Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiai, (Jakarta: LP3ES, 1994).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v16i1.2462

Article Metrics

Abstract - 539 PDF - 545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang