PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ISLAM JAMAN KLASIK (di Masa Rasulullah SAW dan Era Kekhalifahan)

ali mubin

Abstract


Abstrak

Pola pendidikan Islam pada masa Rasulullah, khulafaur-rasyidin (Abu Bakar ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib), Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah, yaitu pendidikan yang bermuatan nilai ruhiyah dan bersumber dari wahyu. Dalam tulisan ini pula memperlihatkan bahwa Islam telah melakukan reformasi yang sangat penting dalam perubahan peradaban manusia. Perubahan tersebut antara lain sistem kehidupan jahiliyah sudah berganti menjadi sistem kehidupan masyarakat Islam yang beradab dan berakhlak. Masyarakat dunia mempunyai peradaban dan kebudayaan yang sangat tinggi setelah mereka mengambil Islam sebagai way of life dalam sistem kehidupan mereka. Proses terjadinya reformasi yang menyebabkan kemajuan tersebut tidak pernah lepas dari usaha keras dalam bidang pendidikan Islam yang berorientasi ke depan. Salah satu usaha tersebut adalah berlangsungnya proses pendidikan yang sangat baik yang pernah dilakukan dan ditanamkan oleh Rasulullah, khulafaurrasyidin, bani Umayyah dan bani Abasiyah.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Idi dan Toto Suharto, Revitalisasi Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006).

Abuddin Nata, H., Pendidikan Islam Perspektif Hadits. (Ciputat: UIN Jakarta Press, 2005).

Arifin, H.M., Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).

Ajid Thohir, Perkembangan Peradaban Di Kawasan Dunia Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada),2004

Armai Arief, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik, (Bandung: Penerbit Angkasa, 2005).

Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam - Dirasah Islamiyah II, (Jakarta: Rajawali Pers), 2011.

Daradjat, Zakiyah, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996).

Harun Nasution, Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, (Jakarta: Bulan Bintang, 1975).

Hanun Asrohah, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta : Bumi Aksara, 1997).

Hasan Asari, Menyingkap Zaman Keemasan Islam, (Bandung: Mizan, 1994).

Joesoef, Sejarah Daulah Khulafaur Rasiddin, (Medan: Bulan Bintang), 1979.

Langgulung, Hasan, Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21, (Jakarta: Pustaka al-Husna, 1988).

Munawar Cholil, Kelengkaan Tarikh Nabi Muhammad Saw, (Jakarta: Bulan Bintang, 1969).

Moh. Untung Slamet, Muhammad Sang Pendidik, (Semarang: Pustaka Rizki Putera, 2005).

Mehdi Nakosteen, Konstribusi Islam atas Dunia Intelektual Barat: Deskripsi Analisis Abad Keemasan Islam, alih bahasa Joko S. Kahhar dan Supriyanto, (Surabaya: Risalah Gusti, 1995).

Makdisi, Geoge, dalam The Rise of Colleges Institutions of Learning in Islam and West, (Eidenburgh: Eidenburgh University Press, 1981).

Nasution, S., Asas-asas Kurikulum, (Jakarta: Bumi Aksara,1994).

Omar Mohammad Al-Toumy A-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, (Terj.Hassan Langgulung), (Jakarta: Bulan Bintang, 1984).

Ramayulis, H., Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2006).

Samsul Munir Amin, Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Amzah, 2009

Sayyid Quthub, Konsepsi Sejarah Dalam Islam, terj. Nabhan Husein, (Jakarta: Al-Amin, tt, h).

Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Era Rasulullah Sampai Indonesia. (Jakarta: Kencana, 2007).

Samsul Nizar, Dr., Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 1997.

Soekarno, Drs., Sejarah Dan Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Angkasa, 1983)

Syalabi, Sejarah Kebudayaan Islam, (Jakarta: Pustaka Al-Husna),1990

Soekarno dan Ahmad Supardi, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Angkasa),1985

Yunus, Mahmud, H., Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, Persada, 2008).

Zuhairini, dkk, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, cet.9, 2008).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v16i1.2488

Article Metrics

Abstract - 963 PDF - 809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang