ANALISIS KESESUIAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MAQASHID SYARIAH (STUDI KASUS DI BMT BINA INSAN SEJAHTERA MANDIRI)

zainal arif, Farhatun Dina Nisah, Dhany Hermawan, Muh Turizal Husein

Abstract


Abstrak:

Mempertahankan kelangsungan dan berkembangnya perusahaan membutuhkan strategi pemasaran yang baik dan professional. Tujuan dari ketentuan syariah yaitu terwujudnya keberkahan dan kasih sayang bagi semesta alam. Praktek dari kerahmatan syariah adalah apabila maqashid syariah telah dijalankan yang meliputi perlindungan terhadap agama (hifzh din), perlindungan terhadap akal (hifzh aql), perlindungan terhadap harta benda (hifzh maal), perlindungan terhadap jiwa (hifzh nafs), dan perlindungan terhadap keturunan atau kehormatan (hifzh nasl). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kesesuaian strategi pemasaran terhadap maqashid syariah yang dilakukan di Koperasi Syariah BMT BISMA sesuai dengan maqashid syariah dan sudah dapat dirasakan masyarakat secara langsung, namun pihak internal BMT BISMA perlu untuk meningkatkan pengetahuan ilmu ekonomi Islam, salah satunya dengan mengadakan kajian ilmu ekonomi Islam yang belum diketahui agar dapat menjadi pegangan dalam memberikan edukasi dan mensosialisasikan ekonomi Islam kepada masyarakat mengingat maqashid syariah merupakan kunci dari kemaslahatan umat.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an dan Terjemahnya

Abdullah, Taufik. 2002. Ensiklopedia Tematis Dunia Islam Jakarta: Pt Ichtiar Baru Van Hoeve.

Al-Din, Bin Zaghibah Izz. 1996. Al-Maqashid al-Ammah li al-Syari’ah al-Islamiyah. Kairo: Dar al-Shafwah li al-Thaba’ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi’.

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad. 1971. Shifa al-Ghalil, Tahqiq Hamdi Ubaid al-Kabisi. Baghdad: Mathba’ah al-Irshad.

Al-Jauziyyah, Ibn Qayyim. 1996. I’lam al-Muwaqqi’in. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiah.

Al-Raysuni, Ahmad. t.th. Nadzariyah al-Maqashid Inda al-Imam al-Syathibi. Beirut: Al-Ma’had al-‘Ali li al-Fikr al-Islami, al-Muassasah al-Jami’iyah li al-Dirasat wa al-Nashr wa al-Tawzi’.

Al-Syathibi, Abu Ishaq. t.th. al-Muwafaqat fi Ushul al-Syari’ah, Jilid. 3. Beirut: Dar al-Ma’rifah.

Amrin, Abdullah. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: PT Grasindo.

Arifin, Zainul. 2002. Dasar-Dasar Manajemen Perbankan Syariah. Jakarta: Alfabeta.

Assauri, Sofian. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

‘Athiyyah, Jamal al-Din. 1988. Al-Nadzariyah al-‘Ammah li al-Syari’ah al-Islamiyah. t.tp.

Buku Profile Koperasi Syariah BMT BISMA.

David, Fred R. 2002. Manajemen Strategis: Konsep. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Fathoni, Abdullah. 2015. Manajemen Risiko Kontemporer Bank, Koperasi dan BMT. Jakarta: Yayasan Pendidikan Nur Azza Lestari.

Fathoni, Abdurrahman. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Renika Cipta.

Fathurrahman, Djamil. 1997. Filsafat Hukum Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

-------.1995. Metode Ijtihad Majelis Tarjih Muhammadiyah. Jakarta: Logos.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Khallaf, Abdul Wahab. 1996. Ilm Ushul Fiqh.Terj.Noer Iskandar al-Barsany dan Moh. Tolchah Mansoer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip dan Levin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.

Miftah, A. 2015. Mengenal Marketing dan Marketers Syariah. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam.

Nasuka, M. 2017. Peningkatan Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan dengan Layanan Inti (Suatu Pendekatan Konsep Islamic Marketing).Jurnal Syari’ah Dan Hukum Diktum.

Nurhisam, L. 2017. Etika Marketing Syariah. Iqtishadia: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah.

Praja, Juhaya S. 1995. Filsafat Hukum Islam. Bandung: LPPM Universitas Islam Bandung.

Rachmat. 2014. Manajemen Strategic. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rianto Al-Arif, Muhammad Nur. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: CV Alfabeta.

Ridwan, Muhamad. 2006. Sistem dan Prosedur Pendirian BMT (Baitul Maal Wat Tanwil) Yogyakarta: Citra Media.

Rivai, Veithzal. Dkk.2017. Islamic Marketing Management. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Salam, Izzudin Ibn Abdis, Qawa`id al-Ahkam Limashalih al-Anam, Kairo: Al Istiqamat.

Siagan P, Sondang. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siamat, Dahlan. 1999. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: Fakultas Ekonomi UI

Shomad, Abdul. 2010. Hukum Islam: Penormaan Prinsip Syariah Dalam Hukum Indonesia, Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif). Bandung: Alfabeta.

Susilo, Edi. 2018. Pengawasan Syariah pada Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Steiner, George A, dan Miner John B. 1997. Kebijakan dan Strategi Manajemen.

Jakarta: Erlangga.

Syarifuddin, Amir. 1997. Ushul Fiqh Jilid II. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Zuhayli, Wahbah. 1986. Ushul Fiqh al-Islami, Jilid 2. Damaskus: Dar al-Fikr.

Zuhri, Saifudin. 2009. Ushul Fikih: Akal sebagai Sumber Hukum Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v16i1.2494

Article Metrics

Abstract - 928 PDF - 1547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang