PERAN MEDIA TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TENGAH PANDEMIK COVID-19

zahara zahara, Ibnu Sina

Abstract


Abstrack
Saat ini masyarakat dunia digemparkan oleh terjadinya wabah Coronavirus yang berasal dari kota Wuhan, China yang terjadi di bulan November 2019 tahun lalu. Corona virus ini sangat berbahaya karena sampai saat ini belum ditemukan obat atau vaksin penanggulangannya. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peran teknologi pendidikan pada aktivitas kegiatan belajar mengajar selama masa karantina akibat dari virus corona ini yang selama ini proses belajar mengajar diadakan di sekolah atau kelas dengan mengunakan keterbatasan media teknologi tetapi dengan adanya pendemi covid-19, KBM dipindahkan di rumah secara E-Learning dengan mengunakan beberapa aplikasi dan berbagai alat technologi, pengajaran seperti smartphone, komputer dan notebook. Dampak yang disebabkan oleh virus corona ini menyangkut semua aspek dalam kehidupan masyarakat . Kajian ini dilakukan melalui studi pustaka dengan melihat hasil-hasil survei dan studi literatur, journal dan document beberapa media cetak maupun elektronik serta buku yang berhubungan dengan pengajaran dan sosial masyrakat, sosiologi dan antropologi. Kesimpulan dari tulisan ini menunjukkan adanya langkah pemerintah mengeluarkan kebijakan kepada masyarakat untuk tidak beraktivitas apapun diluar rumah, semua pekerjaan dilaksanakan dari rumah, termasuk kegiatan belajar dan mengajar (KBM.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

M. Ngalim P.1997.Psikologi Pendidikan. Bandung. Penerbit. Remaja Rosda Karya. ISBN 979-514-036-1. Edisi pertama. cetakan ke. XXVII.

Purwadinata. 1997. Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Kennedy, Paul.1995. Menyiapkan Diri menghadapi Abad ke-21. Yayasan Obor: Jakarta.

Paul Suparno. 1997. Teori perkembangan kognitif. Public. Kanisius, Jakarta.

Paul Suparno.1991. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. Solso.

D.Hardianto.2005. Media Pendidikan sebagaisarana pembelajaran efektif, Jakarta.

Reeves, T.C. 1998. The impact of media and technology in schools. A research report prepared for the Bertelsmann Foundation. Amerika Serikat: University of Georgia.

Yuli Hendarti, Optimalisasi Pembelajaran Berbasis Online Selama Covid-19 ttps://www.rakyatpos.com/optimalisasi. (searching, 22 Maret 2020).

https://anteroaceh.com/news/corona-dan-dampak-sosial/index.html.

Yugi Prayanto, dalam acara Outlook Perikanan 2020 di Jakarta, Rabu (26/2. 2020. (searching tanggal 22. Maret 2020.)

Fathan, Anggota komisi V. DPR RI, berbicara masalah penangulangan Covid-19. (Dilihat 20 MARET 2020.

Audrey Azoulay, UNESCO. Dirjen unesco Director-General of the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) di lihat 22 maret 2020.

Uffie, Direktur kelas Pinter, aplikasi pembelajaran –e –Learning. 2020.

Dedy Afrianto, Seminar antisipasi Dampak Covid-19 di Sektor PendidikanPandemi Covid-19 yang disebabkan virus korona baru memberikan dampak pada sektor pendidikan. 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i2.3035

Article Metrics

Abstract - 2080 PDF - 1494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang