KURIKULUM KEPRIBADIAN SANTRI DI INDONESIA

Zulkifli Zulkifli

Abstract


Abstrak:
Kurikulum merupakan suatu rencana yang tersusun untuk kelancarkan proses belajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajaran. Kurikulum memiliki posisi strategis karena secara umum kurikulum merupakan deskripsi dari visi, misi, dan tujuan pendidikan sebuah bangsa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk menganalis tujuan perencanaan kurikulum kepribadian santri; 2)Untuk menganalisis program kurikulum kepribadian santri; 3)Untuk menganalisis implementasi perencanaan kurikulum kepribadian santri; 4)Untuk menganalisis sistem evaluasi kurikulum kepribadian santri; 5) Untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dari kurikulum kepribadian santri; 6) Untuk menganalisis tingkat keberhasilan kurikulum kepribadian santri. Kurikulum yang baik ditandai dengan jelasnya tujuan, program, terlaksananya proses dengan baik, evaluasi yang dapat diukur, serta mampu memetakan faktor penghambat dan pendukung.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur‟an Al-Karim, Departemen Agama

Abdullah Nashih ‟Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta: Pustaka Amani

Ali Rohmat, Kapita Selekta Pendidikan, Yogyakarta, Teras, 2004, 3-4

Ahmad Zaini, Dunia Pemikiran Kaum Santri, Yogyakarta: LKPSM NU DIY, 1995

Ahmad Tafsir. 1992. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam.

Ahmad, M. dkk. 1998. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Setia.

Dadang Kahmad. 2009. Metode Penelitian Agama (Perspektif Ilmu Perbandingan Agama), Bandung: Pustaka Setia. dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo. dan Instrumen. Bandung: Refika Aditama. dan Kerangka Dasar Operasinalisasinya. Bandung: Trigenda Karya.

Djamaluddin & Abdullah Aly, Kapita Selekta Pendidikan Islam (Bandung: Pustaka Setia, 2000), 99.

Hartati, N. , dkk, Islam dan Psikologi, (Jakarta: PT.Raja Gravindo Persada), 163-164.

Hamalik, Oemar. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung

Hasil wawancara dengan Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Al-Gontory Ust.Muhammad Kusnadi.

Husni Rahim , Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: Logos, 2001), 157

Lukmanul Hakim, Perencanaan Pembelajaran, Bandung, CV.Wacana Prima, 2009, 92

Mursal Aziz, Etika Akademis Dalam, Pendidikan Islam, Jurnal Tarbiyah, Vol.25, No. 1, Januari-Juli 2018

Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa, Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional, (Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011), 77

Nurcholis Madjid, Bilik-Bilik Pesantren (Jakarta:Paramadina, 2006), 107

Oemar Hamalik. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

S. Nasution. Asas-Asas Kurikulum, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005).

Umiarso dan Imam Gojali. 2010. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Yogyakarta:IRCiSoD.

Umiarso dan Zazin, Nur. 2011. Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren. Semarang. Ra SAIL Mesia Group.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i2.3039

Article Metrics

Abstract - 685 PDF - 281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang