PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIKIH SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 2 KOTA TANGERANG

Abdul Basyit, Miftahul Zanah

Abstract


Abstrak;
Dalam dunia pendidikan media sosial memberikan kemudahan berinteraksi, mencari informasi, memberikan peranan positif serta ada yang memberikan pesanan negative. Manfaat facebook ditinjau sebagai KBM yaitu memberikan informasi positif untuk siswa dalam memberikan tugas melalui pesan atau grup facebook. Guru melakukan berbagai pengaturan privasi di facebooknya agar hanya bisa diakses oleh siswa, guru menguplod ringkasan materi pelajaran di halaman facebook, membahas soal-soal yang dianggap penting. Berdasarkan penelitian ini menyatakan adanya Pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri 2 Kota Tangerang.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andi Wicaksono, Bahaya facebook, (Solo: Serikat Penerbit Islam, 2009)

Hasan Febriyanto Fuad, “Efektivitas Jejaring Sosial Facebook Sebagai Media Dakwah (Studi Terhadap Facebook Yusuf Mansur Network)”, Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN, Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013.

Martono, Nanang, “Metode Penelitian Sosial (Konsep-konsep kunci)” (Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada).

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2011)

Nurudin, Pengantar Komunikasi Masa, (Jakarta: Rajawali Press, 2013)

Nurul Anisa. Penggunaan Jejaring Sosial “facebook” Terhadap Minat Belajar PAI Siswa kelas VIII SMP Negeri Yogyakarta, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kali jaga Yogyakarta, 2013.

Priyatna Haris, Sukses di Era Facebook, (Bandung: Kelompok pustaka hidayah)

Redja Mudyaharjo, Pengantar Pendidikan (Jakarta: PT.Raja Grafindo, 2001)

Rully Nasrullah, Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, (Bandung, Simbiosa Rekatama Media,2015)

Rosli Mohammad, Audit Komunikasi: Pendekatan dan Metode Asesmen Sistem Informasi, Komunikasi dalam organisasi, (Jakarta: Pranamedia Group, 2015).

Sartika Kurniali, Step By Step Facebook, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo,2009

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajawali Pers)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Alfabeta), 2018.

Suryani & Hendryadi, Metode Riset Kuantitatif, Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam, (Jakarta: Pranamedia Group, 2015)

S Margono, Metode Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo, 2015)

Sarina Abdullah dan Taufik Edy Sutanto, Statistika Tanpa Stres, (Jakarta: Trans Media Pustaka, 2015).

Zaenal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, (Jakarta: Dirjen Pendidkan Islam, 2009)




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i2.3046

Article Metrics

Abstract - 677 PDF - 537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


Rausyan Fikr Stats