ANALISIS SEQUENSIAL EXPLORATORI PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING PADA BIDANG STUDI PAI TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS XI DI SMAN 94 JAKARTA BARAT

Achmad Fauzi, Ina Setianingsih

Abstract


Kurikulum 2013, mengisyaratkan bahwa kegiatan pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka. Cara belajar metode ini memberi kebebasan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan ide dan kemampuan yang dimilikinya melalui sumber-sumber yang sudah tersedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran PAI, serta mengetahui apakah metode Cooperative Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar pada pembelajaran bidang studi PAI kelas XI di SMAN 94 Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode analisis sequensial exploratori, sedangkan tekniknya adalah observasi, wawancara, dan angket. Pengujian hipotesis di lakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan regresi linear berganda dan diperkuat dengan menggunakan rumus t-test. Kesimpulan yang diperoleh tentang pengaruh penggunaan metode Cooperative learning terhadap keaktifan siswa di kelas XI SMAN 94 Jakarta Barat dikategorikan tinggi, karena dengan korelasi yang mencapai 0,979 merupakan korelasi positif. Dan pengaruh penggunaan metode Cooperative learning terhadap keaktifan siswa di kelas XI SMAN 94 Jakarta Barat 95,81% dan 4,19% oleh faktor lain.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fatkhan,(2020) Pengertian Keaktifan Belajar, http://fatkhan.web.id/pengertian-keaktifan-belajar/, diakses pada tanggal 31 Maret, pukul 20:05 WIB.

Hamalik Oemar,(2015), Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta ; Bumi Aksara).

Isjoni,(2016), Cooperative Learning, (Bandung ; ALSABETA )

Saefuddin Asis,(2016), Pembelajaran Efektif, (Bandung ; PT REMAJA ROSDAKARYA ).

Sudjana Nana, (2013), Penelitian dan Penilaian Pendidikan , (Bandung ; Sinar baru)

Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kombinasi, (Alfabeta ; Bandung)

Syahraini,(2017), Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-hikmah Vol. 14, No. 1, April

Tirtarahardja Umar,(2018), Pengantar Pendidikan, (Jakarta ; PT RINEKA CIPTA)

Wibowo Nugroho, (2016), Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI, Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 2, Mei

Zaeni dkk, (2016), Analisis Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Teams Games Tournaments (TGT) pada Materi Termokimia Kelas XI IPA 5 di SMA N 15 SEMARANG, Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i1.4165

Article Metrics

Abstract - 291 PDF - 277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang