ANALISIS SEQUENTIAL EXPLORATORY HUBUNGAN POLA ASUH PENDIDIKAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTS SATU ATAP (SA) NURUL HUDA CURUG WETAN

Zulkifli Zulkifli, Erpin Harahap, Jelaviantie Wahidatul Romdiyany

Abstract


Pola Asuh Pendidikan Keluarga adalah suatu proses interaksi antara orang tua, anak, dan juga lingkungan keluarga yang meliputi kegiatan seperti memelihara, mendidik, membimbing serta mendisiplinkan dalam mencapai proses kedewasaan baik secara langsung maupun tidak langsung tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh pendidikan keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqh di MTs Satu Atap (SA) Nurul Huda Curug Wetan. Penelitian ini menggunakan penelitian mixed methods. Metode Mixed methods (metode gabungan: kualitatif-kuantitatif) adalah metode dengan menggunakan gabungan pada prosedur penelitian, dimana salah satu metode lebih dominan terhadap metode yang lain. Metode yang kurang dominan hanya diposisikan sebagai metode pelengkap sebagai data tambahan. Adapun metode yang lebih dominan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan sebagai metode pelengkapnya adalah metode kuantitatif. Pengambilan  sampel dengan cara mengambil nomor urut absen ganjil dari keseluruhan siswa kelas VIII di MTs Satu Atap (SA) Nurul Huda Curug Wetan. Alat oengumoulan data dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara, angket dan don dokumentasi. Dan Uji Hipotesis penelitian menggunakan uji T. berdasarkan hasil wawancara dan analisis data yang diperoleh dari uji t sebesar 2,251 dengan taraf signifikan 0,05 yaitu 2,051. Karena thitung = 2,251 > ttabel = 2,051 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara pola asuh pendidikan keluarga dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di MTs Satu Atap (SA) Nurul Huda Curug Wetan.

 

Kata Kunci : Pola Asuh Pendidikan Keluarga , Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Basyit, (2019), Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Serang: CV Mandiri Print)

Ahmad Junaedi, (2017) , Konsep Pendidikan Menu rut Luqmanul Hakim dalam Al-Qur’an , (Jurnal Passion of The Islamic Studies, Vol.1 No.2)

Fitriyah Indriyani, (2008). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Berprestasi di Sekolah , Skripsi S1 Jurusan Ilmu Pengetahuan Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Hikmat kamal, (2009), Bingkai Keluarga Sakinah, (Tangerang: Pramita Press)

Ismail Marzuki, (2016), Model Pendidikan Pada Keluarga Imran, (Jurnal Rausyan Fikr, Vol.12 No. 2)

Juwariyah, (2010), Dasar-dasar Laut Pendidikan Anak dalam Al-Qur'an, (Yogyakarta: Teras)

M. Ainur Rasyid, (2017), Hadits-hadits Tarbawi, (Yogyakarta:Diva Press)

M. Dalyono, (2018), Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT.Rineka Cipta)

M. Ngalim Purwanto, (2014), Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT: Remaja RosdaKarya)

M. Syahran Jailani, (2014), Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini,( Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8 No.2)

Moh Zaiful Rosyid, dkk., (2019) , Prestasi Belajar, ( Batu: Literasi Nusantara)

Muhammad Bashri Asya’ari dan Ahmadi Usman, (2018) , Tarbiyah dalam frame Islam, (Yogyakarta: Nameela Yogyakarta)

Muhibbin Syah, (2014), Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja RosdaKarya)

Munirotul Hidayah, (2016), Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V A MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Depok Sleman, Skripsi S1 Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Muslima, (2015), Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak, (Jurnal Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, Vol:. 1 No.1)

Nana Syaodih sukmadinata, (2017), Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja RosdaKarya)

Rabiatul Adawiyah, (2017), Pola Asuh Orangtua Terhadap Implikasinya terhadap Pendidikan Anak”, (Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol.7 No. 1)

Sakinatush Shodiqoh (2018), Pengaruh Hasil Belajar Fikih Terhadap Praktik Shalat Siswa di MTs Negeri 4 Sleman , Sksipsi S1 Program Study Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia (UII).

Satria Nurachmat (2018), Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak Kelas XI Teknik Gambar di SMK Negeri 6 Bekasi’, (Jurnal Teknil Sipil, Vol.7, No.1)

Sudardja Adiwikarta, (2016), Sosiologi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Sugiyono, (2016), Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi, (Bandung: Alfabeta)

Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), (Bandung: Afabeta)

Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta)

Syafaul Mudawam 2017), Syari’ah Fiqih Hukum Islam Studi tentang Konstruksi Pemikiran Kontemporer “. (Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum, Vol. 46 No. II, Juli- Des 2012).

Syaiful Bahri Djamarah, (2014), Pola Asuh Orangtua dan Anak Dalam Keluarga, (Jakarta: Rineka Cipta).

Syaiful Sagala, (2014), Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta)

Syamsu Yusuf, (2016), Psikologi Perkembangan, (Bandung, PT Remaja RosdaKarya).

Zainal Arifin, (2016), Evaluasi Pembelajaran, (Bandung: PT. Remaja RosdaKarya).

Zakky Ramdhani Muslim, (2017), Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar bahasa indonesia siswa kelas X di SMK Kemala Bhayangkara Delog Jakarta, Skripsi S1 Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Zulkifli, (2016), Pengantar Studi Islam,(Tangerang: Uwan)




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i1.4167

Article Metrics

Abstract - 2020 PDF - 1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang